- Advertisement -
Beranda blog

Libur Lebaran, Polres Tabanan Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Polres Tabanan melakukan pengamanan di lokasi-lokasi wisata untuk mengantisipasi melonjaknya kunjungan warga yang berwisata setelah Lebaran Idul Fitri 2024.

Kabag Ops Polres Tabanan, Kompol I Nyoman Sukadana mengatakan, pengamanan ini dilakukan karena dari hasil pantuan ada peningkatan aktivitas masyarakat di sejumlah tempat-tempat wisata.

“H+1 sampai hari ini Minggu setelah Lebaran dan seterusnya, kami tingkatkan pengamanan di sejumlah tempat wisata,” katanya, Minggu (14/4/2024).

Ia menyebut, kawasan wisata yang menjadi atensi di antaranya DTW Ulundanu Beratan, DTW Tanah Lot dan sejumlah tempat wisata yang berada di Kabupaten Tabanan.

Selain itu, pihaknya juga menempatkan personil di penggal – penggal jalan yang berpotensi menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

“Pengamanan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang menikmati liburan lebaran di tempat-tempat wisata,” ujarnya.

Pada pengamanan lokasi wisata pasca-Idul Fitri 1445 Hijriah, pihaknya juga melakukan patroli dan pengamanan untuk memantau perkembangan situasi kamtibmas masyarakat, yang menuju lokasi wisata dan mengantisipasi adanya aksi kejahatan.

Selain melakukan pengamanan di lokasi dan di pintu-pintu masuk lokasi wisata, personel Polres Tabanan juga menekankan kepada para pengunjung agar tetap waspada apabila berkunjung di tempat wisata.

“Kami juga mengingatkan kewaspadaan terhadap barang bawaan serta tetap memperhatikan anak-anaknya agar selalu berada dalam pengawasan orang tua,” tutupnya. (ana)

Antisipasi Kejahatan Malam Hari Lebaran, Polda Bali Intensifkan Blue Light Patrol

PANTAUBALI.COM, DENPASAR – Untuk mencegah aksi kejahatan pada malam hari dalam rangkaian Ops Ketupat Agung, Polda Bali menggelar Blue Light Patrol dengan sasaran tempat fasilitas umum dan rumah kosong ditinggal mudik Lebaran.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan mengatakan, Blue Light Patrol ini bertujuan untuk mengamankan situasi kamtibmas di daerah hukum Polda Bali dari 3C (Curat, Curas dan Curanmor) atau gangguan Kamtibmas lainnya.

“Kegiatan Blue Light Patrol dilakukan Polda Bali dan jajaran pada malam hari ini mulai pukul 20.00 Wita. Patroli ini rutin dilakukan di malam hari pada jam-jam rawan dengan menggunakan mobil patroli dinas dan menyalakan lampu khas kepolisian berwarna biru,” kata Kabid Humas, Minggu (14/4/2024).

Pihaknya berharap dengan adanya Blue Light Patrol, kehadiran Polri dirasakan oleh masyarakat, sehingga mereka dapat beraktifitas dan beristirahat dengan tenang.

“Sampai saat ini situasi wilayah hukum Polda Bali H+4 hari raya Idul Fitri masih aman terkendali. Pemantaun arus balik di Pelabuhan Gilimanuk dan Pelabuhan Padangbai juga masih lancar,” ungkapnya. (ana)

Alami Kecelakaan Kerja, Kru Kapal Hongkong Dievakuasi Basarnas Bali

PANTAUBALI.COM, DENPASAR – Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) mengevakuasi salah satu kru kapal MV Trust Qingdao berbendera Hongkong yang mengalami kecelakaan kerja, Sabtu (13/4/2024).

Kru kapal tersebut bernama Liang Hongfei (40) berkewarganegaraan China. Ia mengalami cedera serius pada 3 jari tangan kiri.

MV Trust Qingdao tersebut bertolak dari Port Hedland Australia hendak menuju Tianjin, China, dengan membawa 21 crew kapal.

Kepala Kantor Basarnas Bali I Nyoman Sidakarya mengatakan, menurut laporan yang diterima pihaknya dari PT. Jakarta LLOYD Benoa, sebagai agen kapal menyebutkan bahwa estimasi waktu kejadian pada pukul 11.00 WITA. Saat itu kapal berada di posisi 7°10.100’S – 116°28.500’E.

“Kami terima laporan pada pukul 17.00 WITA. Diketahui identitas kru kapal bernama Liang Hongfei usia 40 tahun, kewarganegaraan China yang mengalami cedera serius pada 3 jari tangan kiri,” terangnya, Minggu (14/4/2024)

Ia menyebut, dari hasil koordinasi petugas siaga SAR dengan agen kapal disepakati untuk melaksanakan medevac di sekitar Perairan Tanjung Benoa.

Kemudian, pukul 22.00 WITA tim SAR gabungan dengan denggunakan RIB 02 Denpasar lepas sandar dari Pelabuhan Benoa menuju titik intercept. Koordinasi tetap dilakukan dengan BTS Benoa untuk mengetahui pergerakan dan posisi dari MV Trust Qingdao.

Berselang setelah jam, RIB 02 Denpasar sudah sandar di posisi lambung kanan kapal dan berkoordinasi untuk penurunan target.

“Tim SAR sempat terkendala alun tinggi dan arus laut kencang sehingga posisi medevac bergeser,” ungkap Sidakarya.

Akhirnya sekitar pukul 00.10 WITA target berhasil dievakuasi dan sudah sandar kembali di Pelabuhan Benoa pada pukul 00.40 WITA.

“Selanjutnya korban dibawa menuju RS Siloam dengan menggunakan Kendaraan dari Agen Kapal PT Jakarta LLOYD,” sambungnya.

Selama proses medevac berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Kantor Basarnas Bali, KKP (kantor Kesehatan Pelabuhan), VTS Benoa dan agen kapal PT Jakarta LLOYD. (ana)

Diduga Akibat Korsleting Listrik, Bale Saka 6 Milik Warga Desa Sembung Gede Ludes Terbakar

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bangunan bale saka 6 milik warga di Banjar Dinas Sembung Gede Kelod, Desa Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan, Tabanan ludes terbakar pada Minggu (14/4/2024) dini hari.

Korbaran api dengan cepat menghanguskan bangunan berukuran 3×6 meter milik I Ketut Suanda (61) dengan kerugian ditaksir mencapai Rp90 juta.

Kapolsek Kerambitan Kompol I Gusti Putu Sudara mengatakan, api diduga berasal dari korsleting arus listrik.

“Kejadiannya tadi sekitar pukul 02.00 WITA. Dugaan sementara api berasal dari korsleting arus pendek listrik,” ujarnya.

Sudara menjelaskan, kejadian ini pertama kali diketahui oleh seorang penjaga pabrik air minum yang lokasinya tidak jauh dari rumah korban. Saksi melihat api sudah berkobar di bale saka 6 berukuran 3 x 6 meter tersebut.

Kemudian, saksi langsung mendatangi korban yang sedang tidur lelap di rumahnya. Mengetahui kejadian itu, korban pun berteriak panik hingga membangunkan warga sekitar.

Warga sempat melakukan pemadaman api dengan alat seadanya. Namun kobaran api semakin membesar hingga akhirnya salah seorang warga menghubungi pemadam kebakaran (damkar).

“Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 02.55 WITA dengan dua unit mobil damkar,” ungkapnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya saja korban mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah. (ana)

Truk Bermuatan 700 Galon Air Terguling Timpa Bangunan Laundry dan Tiga Kendaraan

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Sebuah truk fuso bermuatan 700 galon air mineral terguling di depan klinik Lingkar Medika, Jalan Taman Giri Mumbul, Kuta Selatan, Badung, Sabtu (13/4/2024).

Truk dengan nomor polisi DK 8677 GP yang dikemudikan oleh Agus Supriyanto (40) asal Situbondo, terguling menimpa bangunan laundry, mobil Daihatsu Sigra, mobil ambulance dan sepeda motor Scoopy hingga ringsek.

Kasi Humas Polresta Denpasar I Ketut Sukadi menerangkan, truk fuso tersebut terguling sekitar pukul 14.00 WITA.

“Truk terguling akibat rem blong dan tidak kuat menanjak,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kecelakaan ini bermula saat sopir truk melaju dari arah Jalan By Pass menuju Jalan Taman Giri.

Namun, sesampainya di Tikungan Villa Tanadewa, truk tidak bisa menanjak. Karena rem tidak berfungsi, truk kemudian mundur dengan kecepatan tinggi.

“Setelah gagal menanjak, rem truk tidak dapat berfungsi sehingga truk menabrak Garage Laundry hingga roboh dan mobil Sigra di belakangnya serta menimpa sebuah motor dan mobil ambulans,” terang Sukadi.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun tiga kendaraan lainya mengalami kerusakan akibat tertimpa truk. (jas)

Berhasil Implementasikan 12 Indikator Tsunami Ready, Kelurahan Tanjung Benoa Wakili Indonesia dalam Konferensi Dekade Kelautan 2024

Konferensi Dekade Kelautan 2024 di Kota Pesisir Barcelona, Spanyol.
Konferensi Dekade Kelautan 2024 di Kota Pesisir Barcelona, Spanyol.

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Kelurahan Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, menjadi salah satu komunitas pesisir yang diundang oleh The Intergovernmental Oceanographic Commission of UNESCO (UNESCO-IOC) sebagai wakil Komunitas Siaga Tsunami di Indonesia pada Konferensi Dekade Kelautan 2024 di Kota Pesisir Barcelona, Spanyol.

Kegiatan Coastal Cities and Communities Joining Tsunami Ready at the 2024 Ocean Decade Conference ini dilaksanakan sebagai wujud perayaan atas pencapaian selama tiga tahun setelah dimulainya Dekade Ilmu Kelautan PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan (2021-2030). Adapun kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Kamis (10/4/2024) sampai Jumat (12/4/2024).

Konferensi ini mempertemukan berbagai komunitas pesisir dunia dan para praktisi kelautan, untuk menetapkan prioritas bersama untuk masa depan kelautan yang berkelanjutan.

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Tanjung Benoa Dr. I Wayan Deddy Sumantra, mewakili Kelurahan Tanjung Benoa untuk menghadiri dan berbicara di tingkat internasional.

Dalam acaara tersebut Deddy Sumantra membawakan materi terkait implementasi 12 indikator UNESCO-IOC Tsunami Ready di Tanjung Benoa.

“Saya sangat bersyukur dan bangga dipercaya mewakili seluruh komunitas yang ada di Indonesia. Bahkan mewilayahi belahan Negara Samudera Hindia,” terang Deddy Sumantra.

Lebih lanjut dikatakannya, Kelurahan Tanjung Benoa selama ini telah berhasil mengimplementasikan 12 indikator UNESCO-IOC Tsunami Ready, dalam upaya untuk meminimalisir dampak jika bahaya tsunami terjadi di wilayah Tanjung Benoa.

“Kerja keras tim FPRB Tanjung Benoa selama ini membuahkan hasil, dengan diakuinya Kelurahan Tanjung Benoa sebagai Komunitas Siaga Tsunami oleh National Tsunami Ready Board dan UNESCO-IOC pada tahun 2021. Hal ini sekaligus menjadikan Kelurahan Tanjung Benoa sebagai Tsunami Ready Community pertama di Indonesia,” ujarnya.

Dengan capaian yang telah diraih, pihaknya berterimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Badung, Sekda Kabupaten Badung, Ketua DPRD Kabupaten Badung, Kalaksa BPBD Kabupaten Badung, Camat Kuta Selatan, dan Lurah Tanjung Benoa serta semua pihak yang telah bekerjasama, dan mendukung upaya yang dilakukan. Termasuk seluruh tim FPRB Tanjung Benoa yang selalu siap siaga menjaga Tanjung Benoa.

Konferensi ini juga dihadiri oleh para praktisi bidang kebencanaan khususnya tsunami di Indonesia, diantaranya Kepala BMKG Prof. Dwikorita Karnawati didampingi oleh Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Suci Dewi Anugrah. (jas)

Putra Kedua Wabup Jembrana Berpulang Akibat Kecelakaan, Sempat Dirawat di RS Sanglah Selama Seminggu

Suasana rumah duka I Kadek Narendra Krisnanda (15), anak Wakil Bupati Jembrana yang meninggal akibat kecelakaan.
Suasana rumah duka I Kadek Narendra Krisnanda (15), anak Wakil Bupati Jembrana yang meninggal akibat kecelakaan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Anak kedua dari pasangan Wakil Bupati (Wabup) Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna bersama Inda Swari Dewi yakni I Kadek Narendra
Krisnanda (15) meninggal dunia pada Kamis (11/4/2024).

Kadek Narendra meninggal setelah mendapatkan perawatan intensif di RSUP Prof dr I Goesti Ngoerah Gede Ngoerah Denpasar (Sanglah) selama satu minggu usai terlibat kecelakaan di Jalan Raya Jurusan Denpasar-Gilimanuk.

Saat ini jenazah sudah berada dirumah duka di Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo. Rencananya akan dilakukan upacara Ngaben pada 20 April 2024 nanti.

Sebelumnya, Kadek Narendra terlibat laka lantas di Jalan Raya Jurusan
Denpasar-Gilimanuk KM 91-92 Banjar Tengah, Desa Mendoyo Dauh Tukad,
Kecamatan Mendoyo pada Kamis, (4/4/2024) lalu.

Dalam kecelakaan tersebut mengakibatkan Narendra mengalami cidera kepala
berat, dan mengalami patah pada kaki sebelah kiri sehingga harus
mendapatkan perawatan intensif.

Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Yusuf Dwi Atmodjo mengungkapkan kecelakaan tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 Wita.

Saat itu, Narendra yang mengendarai sepeda motor Honda Vario nopol 3929 WA melintas dari arah dari barat ke timur atau dari arah Gilimanuk menuju Denpasar, hendak mendahului kendaraan truk tak dikenal yang berada didepannya.

Namun naas, saat mendahului dari arah berlawanan datang kendaraan VW Mincribus nopol B 1727 EU yang dikemudikan EHA (63) asal Denpasar, sehingga kecelakaan tak dapat dihindarkan.

“Mendahului kendaraan truk tak dikenal, mengambil haluan ke kanan masuk jalur kanan dan pada saat bersamaan dari arah berlawanan lain sehingga terjadi tabrakan pada posisi jalur jalan sebelah kanan dari arah barat,” ungkapnya.

Akibatnya sepeda motor yang dikendarai NKR terpental ke kiri dari arah barat dan tertabrak oleh sepeda motor Honda Supra nopol P 5327 GQ yang dikendarai oleh MM (22) asal Jember yang melintas dari arah barat ke timur.

“Usai kejadian, Narendra mengalami cidera kepala berat, keluar darah dari hidung dan mulut serta kaki kiri patah. Sedangkan, MM usai kejadian sadar dengan kondisi luka lecet pada tangan dan kaki sebelah kiri,” pungkasnya. (ana)

Manfaat Bunga Ratna untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan Teh Herbal

Bunga Ratna atau Globe Amaranth.
Bunga Ratna atau Globe Amaranth.

PANTAUBALI.COM – Banyak yang tidak tahu jika Bunga Ratna atau bunga Globe Amaranth yang biasanya digunakan oleh umat Hindu di Bali dalam pembuatan Banten ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bunga yang juga dikenal dengan nama bunga Kenop ini bisa dijadikan teh herbal, yang memiliki manfaat anti penuaan dini, mencegah kanker hingga membersihkan organ hati.

Dilansir dari berbagai sumber, saat ini Bunga Ratna sudah menjadi salah satu jenis flower tea (teh bunga) yang cukup diminati oleh masyarakat karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan.

Cara mengonsumsinya juga tidak sulit, yakni dengan mengambil rempah Bunga Ratna sebanyak 5 – 8 tangkai lalu diseduh atau direbus dengan menggunakan air 150 – 200 ml.

Berikut adalah manfaat Bunga Ratna untuk kesehatan tubuh:

  1. Mencegah penuaan dini

Bunga Ratna kaya akan sumber antioksidan yang mampu mencegah proses penuaan dini.

Kandungan Antioksidan ini juga mampu meningkatkan pertahanan kulit terhadap lingkungan sekitar seperti bahaya sinar matahari, polusi udara dan pencemaran air.

2. Anti kanker

Kandungan betacyanin dalam Bunga Ratna bermanfaat untuk melindungi sistem saraf dan mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh.

3. Detoksifikasi racun

Bunga Ratna digunakan sebagai ramuan detoksifikasi untuk membersihkan tubuh dari racun atau toksin.

Selain itu, dengan rutin mengonsumsi teh herbal Globe Amaranth akan mengobati batu empedu hingga infeksi saluran kemih.

4. Mencegah masalah pernapasan

Kandungan flavonoid yang tinggi dalam bunga Ratna bermanfaat untuk mencegah timbulnya permasalahan pernafasan seperti bronkitis, pilek, flu, dan asma.

Selain itu, rutin konsumsi teh Bunga Ratna akan berdampak pada saluran pernafasan menjadi lebih tenang. (ana)

129 Perbekel se-Kabupaten Buleleng Audiensi ke Bupati Badung

Bupati Nyoman Giri Prasta saat menerima audiensi 129 Perbekel se-Kabupaten Buleleng di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Jumat (12/4).
Bupati Nyoman Giri Prasta saat menerima audiensi 129 Perbekel se-Kabupaten Buleleng di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Jumat (12/4).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Menindaklanjuti permintaan Pj. Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana kepada Pemerintah Kabupaten Badung, terkait permohonan bantuan BKK untuk seluruh desa yang ada di Kabupaten Buleleng, Jumat (12/4/2024) bertempat di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati, Puspem Badung, Bupati Nyoman Giri Prasta didampingi Kepala BPKAD Badung Ida Ayu Istri Yanti Agustini menerima audiensi 129 Perbekel se-Kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta menyampaikan, pemberian bantuan berupa hibah, BKK maupun bansos oleh Kabupaten Badung kepada pemerintah desa yang ada di Kabupaten Buleleng sangat memungkinkan untuk direalisasikan, karena sudah diatur dengan sangat jelas oleh regulasi.

Dirinya meyakini pemberian bantuan ini akan mampu mewujudkan pemerataan pembangunan dan menciptakan kesejahteraan yang berkeadilan bagi masyarakat Buleleng.

“Pemberian bantuan oleh Kabupaten Badung kepada Kabupaten Buleleng bukan hal yang baru, pembangunan Pasar Banyuasri mendapatkan bantuan Rp50 miliar dari Badung tetapi selama ini saya tidak pernah membahas hal ini kemanapun juga, karena ini murni untuk kepentingan masyarakat bukan kepentingan politik, ini merupakan konsep tanam tuwuh,” ujar Bupati Giri Prasta.

Pihaknya menjelaskan konsep Tanem Tuwuh sebagai spirit untuk menanam benih-benih peradaban, membangun dan merawat Bali ke depan melingkupi fisiknya dan SDM-nya. Dengan mengedepankan kesadaran kolektif  tentang pentingnya kolaborasi dalam membangun Bali secara berkelanjutan.

Sementara itu, Ketua forum Komunikasi Perbekel se-Kabupaten Buleleng Ketut Suka menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung Nyoman Giri Prasta yang telah menerima audiensi 129 Perbekel se-Kabupaten Buleleng sebagai tindak lanjut permintaan bantuan BKK untuk Desa se-Kabupaten Buleleng. (rls)

Kakek 72 Tahun di Jembrana Tewas Usai Jatuh ke Sumur Sedalam 5 Meter

PANTAUBALI.COM, JEMBRANA – Kakek bernama Jacko Ahadi (72) tewas usai terjatuh ke sumur sedalam 5 meter di Lingkungan Ketapang, Desa Lelateng, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, pada Jumat (12/4/2024).

Jenazah berhasil dievakuasi setelah personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) dengan peralatan SCBA menuruni sumur yang hampir setengahnya berisi air.

Berselang 10 menit lamanya, posisi korban sudah bisa terjangkau selanjutnya ditarik menuju atas sumur. Proses evakuasi selesai dilaksanakan pada pukul 11.00 Wita.

“Kendala di lokasi kejadian memang rumahnya agak sempit sehingga kami susah proses penurunan tali,” ujar Koordinator Pos SAR Jembrana Dewa Hendri.

Ia menerangkan, sebelumnya pihak keluarga menyadari korban hilang sekitar pukul 07.00 WITA. Setelah melakukan pencarian, mereka mendapati sepasang sendal berada di pinggir sumur selebar 1 meter tersebut.

Kantor Basarnas Bali mendapatkan informasi pada pukul 09.20 WITA dan memberangkatkan personil dari Pos SAR Jembrana. Namun demikian, kendala yang dihadapi masih bisa diatasi dengan menyesuaikan teknik penarikan.

“Selanjutnya jenasah korban langsung dibawa ke rumah duka,” imbuhnya.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR gabungan dari Pos SAR Jembrana (Basarnas Bali), Polsek Negara, Polsek Negara, Polres Jembrana, BPBD Jembrana, PMI Jembrana, Pemadam Jembrana, SatPol PP, Bhabinkamtibnas Lelateng, Lurah Desa Lelateng, Bhuana Bali Rescue, Potensi SAR 115 dan pihak keluarga korban. (ana)