Naikkan Level UMKM, Diskop UKMP Badung Gelar Kurasi UMKM Week

Diskop UKMP Badung menggelar Kurasi Badung UMKM Week bertempat di ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Senin (3/6/2024).
Diskop UKMP Badung menggelar Kurasi Badung UMKM Week bertempat di ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Senin (3/6/2024).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Komitmen Pemkab Badung dalam menaikkan level UMKM giat dilakukan, salah satunya melalui kegiatan yang bertajuk ‘Kurasi Badung UMKM Week’ yang digagas oleh Diskop UKMP, bertempat di ruang Kriya Gosana Puspem Badung, Senin (3/6/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyelenggaraan pameran Badung UMKM Week yang akan digelar pada tanggal 12 Juni sampai 18 Juni di Beachwalk Shopping Center, Kuta-Bali.

Kepala Bidang UMKM dan Kewirausahaan Diskop UKMP I Made Wirya Santosa menyampaikan total jumlah produk UMKM yang dikurasi berjumlah 62 pendaftar, dan akan seleksi sekitar 32 UMKM, yang selanjutnya akan mengisi stant UMKM di acara pameran Badung UMKM Week.

Baca Juga:  Badung UMKM Week 2024 Batch I, Jadi Ajang UMKM Maju ke Pasar Internasional

“Untuk kegiatan kali ini, Ketegori produk UMKM yang dikurasi terdiri dari produk fashion, produk kuliner olahan dan produk craf,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya menyampaikan terdapat beberapa kriteria dalam melakukan kurasi produk UMKM seperti originalitas, inovasi, serta tampilan atau Packaging dan juga rasa untuk produk olahan pangan.

“Kami ingin menunjukkan bahwa Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung selalu menempatkan objektifitas dalam memilih UMKM yang akan ditampilkan dalam berbagai event,” terangnya.

Setelah itu, dijelaskan juga mereka menginginkan dengan agenda seperti ini, adanya persaingan dalam kurasi UMKM kita makin kreatif dan makin inovatif sehingga mereka mampu memunculkan ide-ide baru yang dituangkan dalam produknya sehingga produknya itu semakin berkembang dan bisa diterima oleh masyarakat selaku konsumen.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Angkat Potensi Teh Gobo Desa Bongan

“ Saya berharap, setelah melakukan proses kurasi ini UMKM baru akan semakin tumbuh dan unggul di pasaran, semakin kreatif dan inovatif sehingga produk-produk UMKM Badung itu memang produk-produk unggul yang siap diterima oleh masyarkat. Kalau bisa menjadi tren dari produk-produk yang beredar di Masyarakat,” tutupnya. (ana)