KPU Bali Targetkan Partisipasi Pilkada 2024 Capai 75 Persen

Komisioner KPU Bali Komisioner KPU Bali I Gede Jhon Darmawan.
Komisioner KPU Bali Komisioner KPU Bali I Gede Jhon Darmawan.

PANTAUBALI, COM, BADUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menargetkan tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2024 mencapai 75 persen.

Komisioner KPU Bali Komisioner KPU Bali I Gede Jhon Darmawan mengungkapkan, target 75 persen itu dipasang dengan pertimbangan dua alasan yakni capaian proses Pemilu 2024 yang mencapai 83,3 persen dan capaian Pilkada 2020 lalu yang diikuti enam kabupaten/kota mencapai 75 persen.

“Capaian pada Pilkada sebelumnya di enam kabupaten ada ketimpangan 80 persen bahkan 54 persen. Jadi kami memasang target ini tidak kurang dari capaian sebelumnya,” ujarnya, Jumat (17/5/2024)

Baca Juga:  KPU Kota Denpasar Luncurkan I Caka, Maskot Jingle Pilkada 2024

Ia menjelaskan, dalam mencapai target 75 persen tersebut, KPU akan melakukan berbagai langkah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Salah satu disebutkannya yakni dengan menggencarkan sosialisasi ke masyarakat baik secara langsung ataupun melalui sosial media.

“Masyarakat cenderung lebih mengetahui informasi melalui media sosial sehingga kami akan gencarkan sosialisasi di sana,” ungkapnya.

Selain itu, KPU juga berharap para penyelenggara dan peserta Pilkada dalam melakukan kampanye lebih memperhatikan lingkungan. Misalnya mengurangi pemasangan baliho dan penggunaan plastik dalam proses pemungutan suara.

Baca Juga:  Kabupaten Badung Siap Berlaga dalam Kejuaraan Liga Tenis Bali Bangkit 2024

“Lebih baik kampanye di sosial media. Lagi pula, alat peraga kampanye sudah difasilitasi oleh KPU langsung atau lebih baik juga kampanye bertemu langsung dengan masyarakat,” ucap Jhon. (ana)