Puluhan Calon PPK di Jembrana Ikuti Tes CAT

Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Jembrana, mengikuti tes tertulis metode Computer Assested Test (CAT) pada Selasa (7/5/2024).
Calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Jembrana, mengikuti tes tertulis metode Computer Assested Test (CAT) pada Selasa (7/5/2024).

PANTAUBALI.COM, JEMBRANA – Puluhan orang calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Jembrana, mengikuti tes tertulis metode Computer Assested Test (CAT) pada Selasa (7/5/2024) pagi.

Dari 52 orang yang mendaftar sebagai calon PPK, hanya 47 orang yang mengikuti tes CAT yang digelar di SMP Negeri 1 Negara.

Ketua KPU Jembrana, I Ketut Adi Sanjaya mengatakan total pelamar calon PPK melalui sistem SIAKBA KPU sebanyak 52 orang. Dari jumlah tersebut, yang berhasil lulus administrasi hanya 49 orang.

Baca Juga:  Proyek Revitalisasi Pasar Umum Negara Capai 71 Persen

“Nah dalam tahap CAT ini, ada dua orang pelamar yang tidak hadir tanpa alasan yang jelas. Artinya hanya 47 orang yang mengikuti seleksi hari ini,” ungkapnya.

Sanjaya menambahkan bahwa dua pelamar yang tidak hadir tanpa keterangan yang jelas. Kemudian, untuk 47 orang tersebut berjuang untuk lulus seleksi dan terpilih menjadi 25 besar.

Pihaknya menyampaikan disetiap kecamatan di Kabupaten Jembrana masing-masing akan ada sebanyak 5 orang anggota PPK terpilih.

Mengingat, pada aturan maksimal jumlah pelamar yang lulus adalah tiga kali kebutuhan per kecamatan, yakni 15 orang atau kurang dari itu. Untuk jumlah pelamar yang masih dibawah kuota tentunya akan melalui mekanisme.

Baca Juga:  Pastikan Kemananan Pintu Masuk Bali Jelang WWF ke-10, Polres Jembrana Siagakan Personel di Pelabuhan Gilimanuk

Setelah itu, para pelamar akan melalui tahapan selanjutnya yakni tes wawancara. Kemudian, para pelamar yang lulus akan berkerja sejak dilantik atau mulai 16 Mei mendatang.

“Dua diantaranya sudah dilaksanakan. Nanti tinggal tes wawancara saja untuk selanjutnya dilantik dan mulai bekerja,” terangnya.

Sementara itu,  Ketua Bawaslu Jembrana Made Widiastra mengatakan selama proses pengawasan tahapan seleksi anggota PPK di Jembrana belum ditemukan kejanggalan atau hal khusus.

Baca Juga:  Ribuan Umat Muslim Padati Twin Tower Jembrana

“Saya kira prosesnya sudah berjalan. Hanya saja kami ingatkan agar nilai dari para pelamar diumumkan secara transparan dan terbuka untuk semua agar diketahui masyarakat luas,” pungkasnya. (ana)