Pemugaran Pura Luhur Tanah Lot Tahap I Dimulai, Target Rampung 6 Bulan

Pemugaran Pura Luhur Tanah Lot tahap pertama.
Pemugaran Pura Luhur Tanah Lot tahap pertama.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Pura Luhur Tanah Lot yang terletak di Kecamatan Kediri, Tabanan, mulai dipugar. Pemugaran akan dilakukan dalam dua tahap yakni tahap pertama untuk tembok penyengker dan piasan. Lalu tahap kedua untuk masing-masing pelinggih.

Pengempon Pura sekaligus Asisten Manajer DTW Tanah Lot I Putu Toni Wirawan mengatakan, tahap pemugaran pertama sudah dimulai sejak 17 April 2024 lalu.

“Pemugaran sudah dimulai sejak 17 April lalu yang diawali dengan ngingsiran ida bhatara ring sanggah surya,” ujarnya, Jumat (26/4/2024).

Baca Juga:  Bungan Desa Ke-51, Bupati Tabanan Angkat Potensi Lebah Madu Sari di Desa Selabih

Ia menyebut, target pengerjaan tahap pertama ini akan rampung dalam 5 – 6 bulan. Setelah itu, dilanjutkan dengan tahap kedua yakni pemugaran masing-masing pelinggih.

“Setelah tahap pertama selesai, kami laksanakan pujawali, yang diawali dengan upacara ulap ambe penyengker dan piasan yang telah selesai dikerjakan,” jelasnya.

Terkait anggaran pemugaran, Toni mengatakan, untuk tahap pertama ini membutuhkan anggaran kurang lebih Rp7-Rp8 miliar yang bersumber dari dana punya, pengajuan proposal serta manajemen operasional DTW Tanah Lot.

“Ancar-ancarnya segitu. Itu baru RAB karena kita juga tidak tau berapa dana pastinya dana yang akan diperlukan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Dilaporkan Tersesat di Gunung Adeng, Dua Pendaki Berhasil Dievakuasi

Pihaknya memastikan, proses pemugaran juga dipastikan tidak menganggu kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke kawasan DTW Tanah Lot.

Selain itu, untuk masyarakat yang ingin melakukan persembahyangan di Pura Luhur Tanah Lot diharapkan untuk melakukan persembahyangan di pelinggih pengayatan penataran madya.

“Kami juga sudah sampaikan pengumuman permakluman kepada masyarakat melalui medsos dan juga dibantu oleh operasional DTW Tanah Lot,” imbuh Toni. (ana)