Badung Sisihkan PHR Rp47 Miliar untuk BKK dan Hibah Klungkung

Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana BKK dan hibah kepada masyarakat Kabupaten Klungkung, di Wantilan Pura Dalem Ped, Nusa Penida, Jumat (19/4/2024).
Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan dana BKK dan hibah kepada masyarakat Kabupaten Klungkung, di Wantilan Pura Dalem Ped, Nusa Penida, Jumat (19/4/2024).

PANTAUBALI.COM, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung kembali melanjutkan program Badung Angelus Buana melalui penyerahan BKK dan hibah uang secara langsung kepada masyarakat.

Kali ini pada Jumat (19/4/2024) Pemkab Badung menyerahkan bantuan ke Kabupaten Klungkung yang bersumber dari APBD Badung tahun anggaran 2024 dengan jumlah total Rp47 miliar lebih, bertempat di Wantilan Pura Dalem Ped, Nusa Penida.

Menurut Bupati Giri Prasta, kegiatan ini merupakan penerapan dari ajaran Tri Kaya Parisudha dalam filosofi agama Hindu, yakni Manacika, Wacika dan Kayika yang bermakna bahwa bermula dari pikiran yang baik dan benar, akan mengalir ucapan dan perbuatan yang baik dan benar pula.

Baca Juga:  Badung Gelar Workshop Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka 

“Ketika kita memiliki pemikiran/konsep yang baik dan mulia untuk meningkatkan Kebahagiaan dan kesejahteraan masyarakat, tidak hanya diucapkan saja tapi kita wujudkan dengan berupaya membantu/mendukung pembangunan di berbagai daerah, melalui penyisihan PHR Badung. Karena industri pariwisata di Badung dan Bali disokong oleh semua daerah sesuai dengan sumber daya dan potensinya masing-masing,” ujar Giri Prasta.

Adapun jumlah penerima dana hibah Badung di Kabupaten Klungkung sebanyak 13 penerima dengan total jumlah bantuan sebesar Rp13.040.000.000 dan BKK kepada pemerintah Kabupaten Klungkung berjumlah Rp34.557.902.237 untuk 79 kegiatan.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Dukung Partisipasi Atlet Vovinam dalam Kejuaraan Internasional di Vietnam

Dana bantuan keuangan khusus sebagaimana dimaksud digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan dalam rangka meningkatkan partisipasi dan swadaya masyarakat dalam membangun, memelihara fasilitas umum/infrastruktur prasarana dan sarana di lingkungannya masing-masing.

“Saya berpesan kepada penerima dana hibah dan Bantuan Keuangan Khusus agar selalu bersatu padu melaksanakan semua program pembangunan di wilayah masing-masing,” pungkasnya.

Turut hadir Pj. Bupati Klungkung Nyoman Jendrika, Sekda Klungkung, Forkopimda Klungkung, tokoh muda Badung Bimanata, pimpinan OPD Pemkab Badung dan Pemkab Klungkung, Perbekel se-Kabupaten Klungkung dan masyarakat penerima hibah.

Sementara itu Pj. Bupati Klungkung Nyoman Jendrika mengatakan bahwa sinergitas pembangunan antara Pemkab Badung dengan Pemkab Klungkung telah berjalan dengan sangat baik. Oleh sebab itu mewakili masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Klungkung dirinya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemkab Badung karena telah banyak membantu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Klungkung.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Hadiri Acara Penghargaan CNN Indonesia Award 2024

“Inilah wujud partisipasi langsung Pemkab Badung membantu pembangunan Klungkung yang kita cintai. Kami Pemerintah Kabupaten Klungkung juga akan mengajukan permintaan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Badung untuk mewujudkan pengembangan pariwisata di Nusa Penida agar Klungkung bisa bangun, bangkit menghasilkan PAD yang lebih besar,” harapnya. (rls)