Bunda Paud Resmikan Gedung TK Negeri Marga 

Peresmian Gedung TK Negeri Marga, Tabanan.
Peresmian Gedung TK Negeri Marga, Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebagai wujud konsistensi Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam memperhatikan tumbuh kembang dan pendidikan anak usia dini, melalui Bunda PAUD Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya resmikan Gedung TK Negeri Marga, Rabu (17/4/2024).

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Pemberian Makanan Tambahan PAUD dan Penyerahan Bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) yang berlangsung di Banjar Beringkit, Desa Beringkit, Belayu, Marga, Tabanan.

Kegiatan dibuka oleh Kadis Pendidikan Kabupaten Tabanan, dan dihadiri Perangkat Daerah terkait, Bunda PAUD Kecamatan Marga, Kepala Sekolah TK Negeri Kecamatan Marga beserta para Guru, juga diramaikan oleh Orang Tua dan para Siswa setempat.

Rangkaian kegiatan Pemberian Makanan Tambahan dan Bantuan APE untuk anak PAUD yang berlangsung mulai pagi itu, bertujuan untuk meningkatkan status gizi serta mencukupi kebutuhan zat gizi anak-anak PAUD di Kabupaten Tabanan, serta meningkatkan layanan sarana prasarana dan kualitas proses belajar dan bermain di satuan Pendidikan PAUD.

Sementara rehabilitasi bangunan Gedung TK Negeri Marga ini merupakan fasilitasi yang dilakukan sebagai wujud perhatian dan kepedulian Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya melalui Bunda PAUD Tabanan dengan menggunakan APBD Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  Ketua TP PKK Tabanan Galangkan Sosialisasi Kesehatan Kulit Bagi Para Wanita 

Hal ini juga sebagai pemenuhan janji Bunda PAUD guna mewujudkan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan proses pembelajaran di TK Negeri Marga dalam rangka mewujudkan generasi emas Tabanan.

Pemberian Makanan Tambahan berupa susu, biskuit, telur, buah dan jagung, susu, keju (Jasuke) sebanyak 100 paket diberikan kepada siswa PAUD di Kecamatan Marga sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan anak.

Sementara bantuan APE luar ruangan yang diberikan berupa tangga tali, ayunan, jungkitan, mangkok putar dan paket alat permainan dalam ruangan.

Dengan harapan, selain dapat menunjang tumbuh kembang anak yang bermain sambil belajar secara sistematis, juga untuk mendukung kualitas proses belajar mengajar di dalam dan di luar kelas.

Bunda PAUD dalam kunjungannya pagi itu menerangkan, bantuan diberikan untuk menunjang kreatifitas dan tumbuh kembang anak yang optimal dalam menyongsong generasi emas kedepannya.

“PMT ini tujuannya untuk merangsang, karena kami sifatnya mengajak orang tua untuk selalu memperhatikan gizi anaknya di rumah. Ini adalah bagian kecil dari pencegahan stunting. Karena banyak faktor yang harus kita perhatikan dalam pencegahan stunting. Prioritas kita di Tabanan agar tidak ada lagi stunting, sehingga generasi penerus, generasi Tabanan Era Baru semua sehat dan berkualitas, cerdas dan ceria,” jelasnya.

Baca Juga:  Peringatan HARKITNAS Ke-116, Bangun Optimisme Sambut Indonesia Emas 2045

Pihaknya juga memberikan apresiasi dan ungkapan terima kasih yang tinggi kepada Bupati Tabanan atas perhatian dan kerjasamanya, sehingga Rehab Bangunan Gedung TK Negeri Marga dapat terlaksana, serta pemberian PMT kepada anak-anak PAUD dan APE kepada TK Negeri Tabanan dapat terwujud.

“Kami berharap, sinergi dan perhatian ini akan selalu terbangun secara berkelanjutan  untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Kabupaten Tabanan. Dan kegiatan dapat berjalan terus menerus secara bertahap demi mewujudkan peningkatan kualitas pendidikan bagi satuan pendidikan PAUD di Kabupaten Tabanan,” imbuh Bunda Rai.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabanan, I Gusti Ngurah Darma Utama, melalui sambutannya juga sampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Tabanan dan Bunda PAUD Tabanan atas terealisasinya kegiatan yang memberikan manfaat luar biasa bagi pertumbuhan anak dan dunia pendidikan di Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  Delegasi WWF Kagumi Sistem Irigasi Subak dan Varietas Beras Merah Cendana Jatiluwih

“Terima kasih setingginya kepada Bapak Bupati dan Bunda PAUD Tabanan, yang mana dalam kepemimpinan beliau telah memberikan perhatian dan keberpihakan yang luar biasa terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Tabanan, terutama dalam mempersiapkan generasi Emas menyongsong Kabupaten Tabanan yang lebih baik,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap dalam peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Tabanan, utamanya jenjang pendidikan anak usia dini, Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui kebijakan Bupati Tabanan senantiasa memberikan perhatian penuh dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, menyenangkan dan berpihak kepada murid, sesuai dengan kebutuhan.

“Dan tentu dengan kebijakan beliau, bagaimana transformasi tenaga pendidikan kita di Kabupaten Tabanan dalam pemenuhan tenaga pendidikan melalui kebijakan Bapak Bupati berlangsung setiap tahun, selama masa Tabanan Era Baru 3 tahun terakhir ini,” ujar Ngurah Darma. (rls)