Ketua DPRD Tabanan Apresiasi Semangat Gotong Royong Krama Desa Adat Padangan

Puncak upacara Odalan Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan, Kecamatan Pupuan yang jatuh pada Purnama Kedasa, Minggu (24/3/2024).
Puncak upacara Odalan Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan, Kecamatan Pupuan yang jatuh pada Purnama Kedasa, Minggu (24/3/2024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga menghadiri puncak upacara Odalan Ageng Bhatara Turun Kabeh di Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Padangan, Kecamatan Pupuan yang jatuh pada Purnama Kedasa, Minggu (24/3/2024).

Upacara yang dilangsungkan 5 tahun sekali tersebut, merupakan bentuk gotong-royong dari krama setempat dalam membangun upacara Dewa Yadnya.

Dengan iuran swadya dari krama sebesar Rp400 ribu rupiah yang terdiri dari 630 KK, begitu juga dukungan dan bantuan dari pemerintah. Kemudian total biaya yang dihabiskan dalam pelaksanaan upacara ini mencapai ratusan juta.

Baca Juga:  Mantan Presiden Hungaria János Áder Kagumi Keindahan Terasering Jatiluwih Tabanan

Made Dirga pun memberikan apresiasi terhadap semangat gotong royong krama dalam melaksanakan upacara yadnya.

“Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh krama atas semangatnya sehingga upacara bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ia pun berharap ini ini terus ditingkatkan di masa depan juga kebersamaan dan sinergi pembangunan juga harus ditingkatkan.

“Hal itu penting untuk menjaga pelestarian tradisi, adat, agama dan budaya yang ada,” ucap politisi asal Desa Sudimara tersebut.

Baca Juga:  Bupati Jembrana Hadiri Karya Rsi Yadnya Griya Mambal Batuagung

Sementara itu, Bendesa Adat Padangan mewakili krama, menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dukungan dari PJ. Gubernur Bali yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Bali, tentunya juga jajaran OPD dan DPRD Tabanan yang selalu menyempatkan diri hadir di tengah-tengah masyarakat.

Turut hadir dalam upacara PJ Gubernur Bali yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya, anggota DPRD Kabupaten Tabanan.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Kemudian, Jajaran Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Kepala Bagian terkait di lingkungan Setda beserta Camat Pupuan turut serta melaksanakan puja bhakti dalam puncak acara pujawali yang dipuput oleh Ida Sri Mpu Nabe dan Ida Sri Bhagawan. Hadir juga, Perbekel, Bendesa Adat, Prawartaka Karya dan Masyarakat setempat. (ana)