Bungan Desa Ke-46, Bupati Tabanan Angkat Potensi Agrowisata di Desa Megati

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Tabanan, kembali jalankan program Bungan Desa atau Bupati Ngantor di Desa yang ke-46 di Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Rabu (20/3/2024).

Dalam kegiatan bungan desa ini Bupati Sanjaya mengangkat potensi unggulan Desa Megati yakni agrowisata.

Rutin berkolaborasi dengan seluruh perangkat daerah dalam pelaksanaan Bungan Desa. Saat itu, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya yang juga selaku Bunda Literasi menyerahkan bantuan buku kepada petugas Perpustakaan keliling, sehingga menambah literasi bacaan di Perpustakaan keliling tersebut.

Saat berkantor di Desa Megati, orang nomor satu di Tabanan itu, menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat, atas semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan dalam membangun dan mengembangkan potensi desa.

Salah satu potensinya, yaitu potensi alam yang sangat memesona, dimana, Desa Megati juga merupakan Desa Agrowisata buah kelapa, alpukat durian dan padi. Saat itu, Sanjaya juga mengajak serta seluruh OPD untuk memberikan pelayanan langsung kepada Masyarakat Megati, seperti yang selalu diimplementasikannya di Desa-desa sebelumnya di Tabanan.

“Saya datang ke Desa Megati untuk melayani Masyarakat. Apa yang dilayani, ternyata di Pemerintah Kabupaten Tabanan ada 40 OPD semua punya lokus pelayanannya di Desa. Dalam membangun Desa Megati, Pelaksanaan Bungan Desa untuk melihat langsung apa yang menjadi harapan warga, biar lebih tepat guna dan tepat sasaran,” jelas Sanjaya.

Kegiatan Bungan Desa diawali dengan membuka Sosialisasi Pendataan Awal Data Desa Presisi di Kantor Camat Selemadeg Timur dan lanjut bekerja di Kantor Perbekel Desa Megati.

Baca Juga:  Delegasi WWF Kagumi Sistem Irigasi Subak dan Varietas Beras Merah Cendana Jatiluwih

Agenda dilanjutkan dengan mengunjungi Perkebunan Alpukat. Bupati Sanjaya beserta Bunda Rai, menanam pohon alpukat, menyemprot pembasmi hama organik dan memanen buah pepaya.

Pohon Alpukat yang ditanam adalah jenis alpukat cuba berusia 6 bulan yang bertempat di Perkebunan alpukat Desa Megati. Di kesempatan itu, Sanjaya juga memberikan apresiasi dan dukungan terhadap wacana dari Kepala Desa, yang memproyeksikan Desa Megati sebagai kampung alpukat di masa depan.

“Astungkara saya berkantor di Desa diajak menanam dan melihat Alpukat, sangat tertarik, saya juga sedang mengembangkan bagaimana caranya bisa menginspirasi desa-desa yang lain. Karena perawatan alpukat tidaklah repot,” jelasnya.

Dirinya juga sekaligus menjelaskan, genetik Tabanan yang sejak dahulu merupakan masyarakat yang agraris, dengan anugerah alam yang nyegara gunung, oleh sebab itu, Sanjaya menghimbau agar masyarakat tetap bergerak dan berkembang di sektor pertanian dengan pariwisata sebagai bonus.

Baca Juga:  Sempat Dilaporkan Hilang, Warga Desa Bantiran Pupuan Ditemukan di Buleleng

Kemudian, Bupati beserta jajaran juga mengunjungi rumah keluarga stunting yang berjumlah 5 orang dan bertempat di Desa Adat Jelijih Lebah, Desa Megati. Bantuan berupa sembako berupa 2 krat telur ayam, 2 liter minyak goreng, gula pasir, beras merah, kacang hijau dan biskuit, diberikan secara langsung oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku ketua TP PKK Kabupaten Tabanan yang saat itu mendampingi Bupati Sanjaya.

Tali kasih yang terulur saat itu, merupakan bentuk perhatian langsung dari Pemerintah dalam mewujudkan Tabanan Era Baru. Saat itu Sanjaya mengingatkan, bahwa para orang tua tidaklah berperan sendiri dalam membesarkan anak-anak, sebab Pemerintah Tabanan siap bersinergi melalui dinas sosial dan Perangkat Daerah lainnya untuk memberikan bantuan dan perhatian secara konsisten.

Mewakili masyarakat, Dewa Nyoman Sukerta selaku Perbekel Desa Megati, sampaikan antusiasme dan terima kasihnya kepada Bupati Tabanan dan jajaran atas perkenannya hadir dan secara langsung bisa melihat keadaan Desa.

“Program Bungan Desa sangat kami harapkan, dimana potensi unggulan di Desa adalah sektor pertanian. Selaku Kepala Desa, kami selalu memberikan motivasi khususnya kepada petani dan generasi muda untuk ikut serta membangun Desa Megati melalui sektor pertanian dan agrowisata,” jelasnya.

Baca Juga:  Jaga Situasi Kamtibmas Jelang WWF 2024, Polsek Seltim Gelar Sidak Duktang Sasar Buruh Proyek Vila

Sementara itu, terkait pelayanan yang secara signifikan memberikan pengaruh besar bagi masyarakat, ditanggapi  langsung dengan sangat positif oleh warga Desa Megati. Salah satunya dari pengusaha setempat, yakni Yoga Antara dan Nyoman Suriyani yang saat itu hadir untuk mengurus ijin usaha.

“Dengan adanya kegiatan Bungan Desa dari Bapak Bupati, sangat membantu dan meringankan kami. Jadi, tidak harus ke Kabupaten atau kemana-mana, kita bisa mengurus di tempat dan mendapatkan surat dengan murah dan gampang, jadi sangat berguna bagi kami,” jelas Nyoman Suriyani yang saat itu mengurus ijin usaha ternak.

Turut hadir saat itu, Sekda Tabanan, Para Asisten Setda, Inspektur, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan dan Kepala Bagian di lingkungan Setda Tabanan, Para Camat Se-Kabupaten Tabanan, para Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Tabanan, unsur Forkopimcam Selemadeg Timur,  Perbekel dan Bendesa Adat serta Tokoh Masyarakat setempat. (rls)