Sebuah Rumah di Denbantas Tabanan Terbakar Saat Nyepi, Diduga Akibat Api Lilin

Kebakaran saat Nyepi di salah satu rumah di Perumahan BTN Sekawan, Banjar Tuakilang Baleran, Desa Denbatas, Tabanan, Selasa (12/32024).
Kebakaran saat Nyepi di salah satu rumah di Perumahan BTN Sekawan, Banjar Tuakilang Baleran, Desa Denbatas, Tabanan, Selasa (12/32024).

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Peristiwa kebakaran saat hari Raya Nyepi, Senin (11/3/2024) terjadi di salah satu rumah di Perumahan BTN Sekawan, Banjar Tuakilang Baleran, Desa Denbatas, Tabanan.

Rumah milik Rida Wahyu Ningsih asal Pupuan, Tabanan, tersebut diduga terbakar akibat api dari lilin yang jatuh ke kasur hingga melalap dan membakar lemari pakaian. Kejadian ini pun menghebohkan warga sekitar perumahan.

Salah satu keluarga korban bernama Slamet mengungkapkan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 20.00 WITA. Saat itu, ia bersama korban sedang duduk sambil mengobrol di depan rumah.

Baca Juga:  Sempat Dilaporkan Hilang, Warga Desa Bantiran Pupuan Ditemukan di Buleleng

“Kami lagi duduk di depan rumah dan mencium bau gosong dari dalam rumah. Saat dicek ke dalam api sudah berkobar,” ungkapnya.

Melihat kejadian itu, Slamet dan pemilik rumah berupaya memadamkan api dengan dibantu warga sekitar. Kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran juga dikerahkan untuk memadamkan api.

“Syukur api berhasil dipadamkan dan tidak sampai membesar. Situasi sekarang sudah aman terkendali,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa (Perbekel) Denbantas Ida Bagus Made Surya Perbawa membenarkan peristiwa tersebut.

Baca Juga:  Dua Kecamatan di Tabanan Dirancang Jadi Kawasan Terintegrasi Perkebunan dan Pariwisata

“Benar kejadiannya kemarin malam. Pemilik rumah menyalakan lilin dan lilin itu jatuh menimpa kasur sehingga melalap dan membakar lemari pakaian,” ujarnya.

Beruntung kejadian itu cepat diketahui pemilik rumah dan Pecalang yang saat itu tengah berjaga langsung menghubungi damkar. “Tidak ada korban jiwa,” pungkas Surya Perbawa.(ana)