Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Tabanan Capai 88,8 Persen

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra.
Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan I Wayan Suwitra menyebut tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Tabanan pada Pemilu 2024 mencapai 88,8 persen.

Itu artinya dari jumlah 372.372 orang yang masuk dalam Daftar Pemililh Tetap (DPT) yang tersebar di sepuluh Kecamatan di Tabanan, sekitar 330.667 orang telah menggunakan hak pilihnya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Capaian tersebut melampaui target yang kami pasang yakni 85 persen dan juga target dari Provinsi yakni 83 persen,” ujar Suwitra.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Apresiasi Semangat Gotong Royong Krama dalam Upacara Yadnya di Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung

Menurutnya, capaian itu didongkrak dengan tingginya partisipasi dan antusias dari pemilih pemula pada perhelatan pemilu 2024 ini meningkat dari dari tahun sebelumnya. Hal Itu dibuktikan dengan banyaknya generasi muda yang ikut terlibat menjadi penyelenggara dari tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sampai PPK (Panitia Pengawas Kecamatan).

“Dari sana kita bisa melihat bahwa partisipasi generasi muda untuk ikut memilih pasti juga akan meningkat. Dari awal kami sudah yakin,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Rutin Gelar Apel Hari Kesadaran Nasional

Suwitra menyebut, tingginya angka partisipasi ini tidak terlepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan sebelum perhelatan Pemilu berlangsung.

Misalnya, dengan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang menyasar siswa sebagai generasi muda sekaligus Pemilih pemula. Kemudian, peran media massa yang turut melakukan sosialisasikan melalui pemberitaan.

“Itu sangat membantu, khususnya di Tabanan bagaimana partisipasi bisa meningkat,” tambahnya. (ana)