Tim Tari Kanwil Kemenkumham Bali Raih Juara 3, Ini Harapan Kakanwil Romi Yudianto

Tim Tari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali raih juara 3 dalam perlombaan tari daerah bertempat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Kamis (29/2/2024).
Tim Tari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali raih juara 3 dalam perlombaan tari daerah bertempat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Kamis (29/2/2024).

PANTAUBALI.COM, DENPASAR – Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) yang ke-20, Tim Tari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Bali berkesempatan mengikuti perlombaan tari daerah bertempat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), yang diikuti oleh perwakilan PIPAS dari masing-masing Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Tim Tari Kanwil Kemenkumham Bali, menampilkan tari kreasi Lung Sri Sunari dan meraih juara 3 dalam perlombaan tersebut. Dalam mempersiapkan perlombaan tersebut Tim Tari Kanwil Kemenkumham Bali telah melakukan latihan selama kurang lebih dua minggu yang dilatih langsung oleh pelatih tari profesional pulau Dewata.

Tari Lung Sri Sunari, sebuah tarian daerah Bali, yang diberi sentuhan kreasi dengan konsep yang sangat sederhana. Sri Sunari bermakna, sinar kedamaian yang dimiliki oleh simbol Dewi Sri sebagai Dewi Kesuburan. Tarian ini digarap untuk memberikan esensi kepada wanita yang menjaga keseimbangan.

Baca Juga:  Pemkab Jembrana Serahkan Bantuan 34 Hewan Kurban Senilai Rp190,6 Miliar 

Tarian ini memberikan irama kesejukan kepada Ibu-Ibu Pemasyarakatan yang diibaratkan sebagai ‘Dewi Sri’ yang selalu memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan dan pengabdian yang tulus ikhlas kepada keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Tarian ini diiringi Gamelan Gong Kebyar dengan menggunakan gerak dan pakem khas tari Bali, serta ditunjang dengan properti sebagai pelengkap sehingga menambah kesan estetik dalam penampilannya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Romi Yudianto, menyatakan rasa bangganya atas prestasi Tim Tari PIPAS Kanwil Kemenkumham Bali, yang berhasil meraih juara 3 dalam perlombaan tersebut.

Baca Juga:  Kabupaten Badung Siap Berlaga dalam Kejuaraan Liga Tenis Bali Bangkit 2024

“Tarian yang memukau dan penuh makna ini tak luput dari hasil kerja keras dan dedikasi dari para anggota Tim Tari PIPAS Kanwil Kemenkumham Bali. Kami sangat bangga atas semangat dan kekompakan mereka,” ujar Romi.

Romi juga menyampaikan, perlombaan tari daerah ini merupakan salah satu wujud nyata pembinaan dan pengembangan bakat serta kreativitas para anggota PIPAS, juga dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar anggota PIPAS di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Angkat Potensi Teh Gobo Desa Bongan

“Saya berharap, seluruh anggota PIPAS dapat termotivasi dari prestasi ini, serta terus berkarya dal meningkatkan kemampuannya di berbagai bidang,” tutup Romi. (jas)