Cerminan Toleransi dalam Keberagaman, Bupati Tabanan Hadiri Ramah Tamah Perayaan Cap Go Meh

Bupati Tabanan bersama jajaran dalam acara ramah tamah dan santap siang bersama oleh Yayasan Kerta Yasa yang bertempat di Vihara Dharma Cattra/Kong Co Bio Tabanan, Sabtu (24/2/2024)
Bupati Tabanan bersama jajaran dalam acara ramah tamah dan santap siang bersama oleh Yayasan Kerta Yasa yang bertempat di Vihara Dharma Cattra/Kong Co Bio Tabanan, Sabtu (24/2/2024)

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Cerminan toleransi dan kebersamaan serta komitmen meningkatkatkan harmonisasi dalam keberagaman di Kabupaten Tabanan, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, dengan penuh sukacita hadiri acara perayaan hari raya Imlek Cap Go Meh 2575.

Ia sekaligus hadir dalam acara ramah tamah dan santap siang bersama oleh Yayasan Kerta Yasa yang bertempat di Vihara Dharma Cattra/Kong Co Bio Tabanan, Sabtu (24/2/2024).

Dalam suasana penuh suka cita dan kebersamaan siang itu, akhir perayaan Tahun Baru Imlek 2024 yang merupakan tahun naga kayu tersebut juga dihadiri oleh salah satu anggota DPR RI dan anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Jajaran Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Camat Tabanan, Perbekel dan Bendesa Adat setempat serta warga besar Indonesia Tionghoa.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Buka Kejuaraan Karate Antar Pelajar Se-Kabupaten Tabanan

Di kesempatan yang berbahagia tersebut, Sanjaya menyampaikan atas nama pribadi, masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi positif juga menyampaikan selamat atas terselenggaranya kegiatan perayaan hari raya Imlek dan Cap Go Meh ini. Pihaknya sekaligus berharap hubungan harmonis yang telah terjalin selama ini dapat terus dibangun dengan baik serta selalu ditingkatkan.

“Hari ini kita membuktikan kepada seluruh masyarakat, bahwa kita di Tabanan sudah terbiasa dengan perbedaan, tidak ada masalah fundamental atas perbedaan yang ada. Kita justru merayakan perbedaan yang ada, salah satunya perayaan Imlek yang kita rayakan dengan suka cita hari ini, dimana wajah kota Tabanan dihias dengan lampion yang begitu indah. Begitu juga parade Imlek telah digelar dengan sangat meriah beberapa hari yang lalu,” ujar Sanjaya.

Lebih dari itu, Sanjaya juga sampaikan rasa syukurnya akan komitmen etnis Tionghoa di Kabupaten Tabanan selama ini. Etnis Tionghoa bersama-sama segenap komponen masyarakat Tabanan lainnya, yang telah bersatu padu meningkatkan dukungan, peran, dan inisiatifnya dalam mempercepat kesejahteraan masyarakat Tabanan. Pihaknya meyakini, di tahun naga kayu tersebut dengan komitmen yang kuat dari seluruh pihak, disertai kerja keras, dapat membantu mewujudkan Kabupaten Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani.

Selaku Ketua Yayasan Kerta Yasa Tabanan, Liem Surya Adinata menyampaikan ucapan selamat datang sekaligus ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Tabanan beserta jajaran yang sudah berkenan menghadiri perayaan Cap Go Meh sekaligus dukungan yang luar biasa telah diberikan selama perayaan Imlek Tahun 2024 tersebut ataupun tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Apresiasi Semangat Gotong Royong Krama dalam Upacara Yadnya di Pura Puseh lan Bale Agung Desa Adat Pacung

“Kami diberi ruang untuk bisa berekspresi, berkreasi yang dituangkan dalam acara parade dan Pentas Budaya perayaan Imlek tanggal 18 Februari 2024 yang diprakarsai INTI Tabanan. Kegiatan tersebut mencerminkan Kabupaten Tabanan dibawah kepemimpinan Bapak Bupati, mampu menunjukkan Tabanan sebagai kota yang harmoni dengan konsepnya pade Eling pade Liang dan pade Gelahan. Sungguh sangat menjunjung keberagaman, persaudaraan dan juga sebagai kota yang sangat menjunjung toleransi,” pungkas Liem.

Pihaknya berharap agar acara ini akan bisa berlangsung setiap tahun dan menjadi agenda tahunan di Kabupaten Tabanan. Pihaknya juga menyampaikan, bahwa segenap warga Tionghoa siap menjadi partner untuk melaksanakan hajatan tersebut dengan semangat kebersamaan dan bersama membangun Tabanan, sehingga pihaknya juga bisa berperan aktif dan bisa bangga jadi orang Tabanan dengan semangat kebersamaan untuk mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani. (rls)