KPU Tabanan Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024

Proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan.
Proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kabupaten Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Terhitung tinggal 5 hari lagi pemungutan suara Pemilu 2024 akan berlangsung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan pun mulai mendistribusikan logistik Pemilu pada Jumat (9/2/2024).

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra mengatakan, pendistribusian logistik pertama dilakukan untuk jenis diluar kotak suara, seperti tanda pengenal Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan saksi, alat tulis, lem, tinta, daftar calon tetap, daftar pasangan calon (paslon), salinan DPT, salinan DPTb hingga formulir yang dibutuhkan saat Pemilihan.

“Kemudian pada Sabtu (10/2/2024) besok, kami akan mendistribusikan kotak suara beserta surat suara untuk 1.545 tempat pemungutan suara (TPS),” ujarnya.

Baca Juga:  DPC PDIP Tabanan Usulkan Pemecatan Ketua PAC Kediri Akibat Daftar Calon Bupati Lewat Partai Lain

Suwitra menjelaskan, mekanisme pendistribusian kotak beserta surat suara ini akan dilakukan secara bertahap untuk empat daerah pemilihan (dapil) dengan mobil box. Pengiriman pertama dimulai dari dapil 2 yang meliputi Kecamatan Selemadeg Raya (Selemadeg Timur, Selemadeg, dan Selemadeg Barat) dan Pupuan.

Kemudian, dapil 3 meliputi Kecamatan Penebel dan Baturiti. Dilanjutkan dengan dapil 4 yang meliputi Kecamatan Kediri dan Marga. Kemudian yang terakhir dapil 1 meliputi Kecamatab Tabanan dan Kerambitan.

Baca Juga:  Diduga Sopir Ngantuk, Truk Oleng Tabrak Mobil dan Pelinggih di Kerambitan

“Pengiriman dilakukan bertahap selama empat hari dan dengan pengawalan pengamanan dari kepolisian,” tegasnya.

Adapun pendistribusian logistik ini akan dilakukan ke masing-masing kantor desa sebelum nantinya diterima oleh anggota KPPS di masing-masing TPS saat hari pencoblosan pada 14 Februari.

“Tujuannya untuk mempermudah pengamanan sehingga dapat dilakukan secara terpusat di masing-masing desa dengan melibatkan perangkat desa, Babhinkamtibmas dan Babinsa,” ungkap Suwitra. (ana)