Pj. Gubernur Bali Minta Pantai Kuta Ditata Kembali Agar Tidak Terkesan Kumuh

 

PANTAUBALI.COM, Badung – Sebagai salah satu wajah pariwisata Bali, Pantai Kuta menjadi salah satu destinasi unggulan bagi pariwisata Bali. Untuk itu, kebersihan, kenyamanan serta keamanannya menjadi perhatian kita bersama dan harus dijaga agar Pantai Kuta selalu indah, bersih, aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Harapan tersebut disampaikan Pj. Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya saat memberikan arahan pada acara gerakan kebersihan lingkungan pantai dalam rangka kolaborasi gerakan kebersihan lingkungan bersama Pemerintah Provinsi Bali, TNI/Polri dan Pemerintah Kabupaten Badung sebagai Implementasi Peraturan Gubernur Nomor 24 Tahun 2020 tentang Pelindungan Danau, Mata Air, Sungai dan Laut di Gedung Tsunami Center, Pantai Kuta, Badung, Jumat (26/1).

Lebih jauh dalam arahannya, Pj. Gubernur Bali menyampaikan setelah pihaknya dan jajaran Forkopimda berkeliling berjalan kaki sepanjang Pantai Kuta masih ditemukan kios-kios yang rusak, kios-kios yang tidak digunakan sebagaimana fungsinya, tumpukan-tumpukan sampah hingga toilet yang belum berfungsi optimal. Hal ini tentu saja memberi kesan kumuh dan dapat mengurangi kenyamanan para wisatawan yang menikmati Pantai Kuta.

Baca Juga:  Sekda Badung Buka RAT Koperasi Sari Sedana Artha

“Kesan saya setelah berkeliling, tempat yang sudah dibangun dan ditata sedemikian rupa, sekarang kesannya kumuh, banyak kios kosong, rusak dan banyak tumpukan sampah. Untuk itu saya harap, kios-kios bisa ditata kembali, kebersihan pantai dan fasilitasnya dijaga sehingga Pantai Kuta selalu bersih dan nyaman bagi para wisatawan,”imbuhnya.

Mahendra Jaya juga menekankan perlunya sinergitas seluruh komponen masyarakat baik itu jajaran kepolisian, pecalang, desa adat dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan wilayah Kuta dan sekitarnya, sehingga para wisatawan baik wisatawan asing maupun domestik dapat berwisata dengan nyaman dan aman dan mempunyai kesan baik selama berwisata di Kuta khususnya dan pulau dewata pada umumnya.

Baca Juga:  Direktur Perusahaan Konsultan Asal Australia Dideportasi Rudenim Denpasar

Menanggapi hal tersebut, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana, S.I.K., S.H., M.Hum menyampaikan bahwa pihaknya berkomitmen menciptakan wilayah Kuta yang aman, tentram dan terkendali. Pihaknya akan melakukan mapping kembali dan mengambil langkah tindak lanjut terhadap permasalahan keamanan yang terjadi dan memperkuat sinergitas dengan para pecalang dan juga masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kuta.

Sementara itu Bupati Badung , I Nyoman Giri Prasta menyampaikan bahwasannya pihaknya akan segera menggelar pertemuan dengan para pemangku kepentingan untuk melakukan pembahasan terkait penataan kembali wilayah Pantai Kuta, sehingga tidak terkesan kumuh. Pihaknya juga akan terus meningkatkan sinergitas dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban sehingga Kuta akan tetap menjadi destinasi favorit para wisatawan.

Baca Juga:  Kelompok Warga dan Buruh Proyek di Jimbaran Terlibat Perkelahian, 2 Orang Luka-Luka

Kegiatan gerakan kebersihan lingkungan pantai yang diikuti oleh jajaran TNI/POLRI, ASN di lingkungan Pemprov Bali dan Pemkab Badung serta masyarakat umum ini turut dihadiri oleh Kapolda Bali, Irjen. Pol. Ida Bagus Kd. Putra Narendra, S.I.K., M.Si, Kasdam IX/ Udayana Brigjen TNI Sachono, S.H., M.Si, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, pejabat eselon 2 di lingkungan Pemprov Bali dan Pemkab Badung serta undangan lainnya.