5 Minuman Diet Alami yang Ampuh Turunkan Berat Badan, Wajib Konsumsi Setiap Hari

Ilustrasi minuman diet alami (Foto: Alodokter)
Ilustrasi minuman diet alami (Foto: Alodokter)

PANTAUBALI.COM – Selain menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin, minuman diet alami bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Minuman ini mengandung kalori rendah dan mengontrol nafsu makan. Selain itu juga dipercaya ampuh untuk meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran kalori dalam tubuh bisa dipercepat.

Berikut adalah berbagai pilihan minuman diet alami yang bisa Anda coba konsumsi tiap hari.

1. Air putih

Salah satu pilihan minuman diet yang paling praktis dan efektif untuk dikonsumsi adalah air putih. Sebab, dapat membakar kalori berlebih dan menekan nafsu makan bila diminum sebelum makan.

Baca Juga:  Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan, dari Mengatasi Sembelit hingga Mencegah Kanker

Orang yang mengonsumsi 500 ml air putih sebelum makan selama 12 minggu bisa menurunkan berat badan dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi air putih sebelum makan. Disamping itu, konsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau setara 2 liter setiap hari ampuh untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

2. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran lemak. Sehingga teh hijau menjadi pilihan tepat bagi Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, teh hijau juga bisa mencegah penyakit jantung, kanker dan diabetes.

3. Kopi

Baca Juga:  Punya Hewan Peliharaan? Inilah Lima Manfaat yang Bisa Kalian Dapatkan

Kopi dipercaya dapat menurunkan berat badan karena kandungan kafein di dalamnya yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar. Namun perlu diingat, untuk memperoleh manfaat kopi sebagai minuman diet maka jangan menambahkan susu, pemanis buatan, ataupun krim yang dapat menambah jumlah kalori dalam kopi. Selain itu, dianjurkan agar tidak mengonsumsinya lebih dari 4 gelas dalam sehari.

4. Teh hitam

Kandungan polifenol dalam teh hitam dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan cara mengurangi penyerapan kalori, merangsang pembakaran lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Baca Juga:  Kenali Dampak "Emotional Eating', Faktor Penyebab hingga Cara Mengatasinya

5. Teh jahe

Mengonsumsi teh jahe yang dilarutkan dengan air ketika sarapan pagi bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu makan serta meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan secara alami.

 

Itulah beragam pilihan minuman alami yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan selain dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Namun perlu diingat, upaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan harus dilakukan secara konsisten dan dibarengi dengan pola hidup sehat. (ana)