Cara Alami Atasi Rambut Rontok dengan Lidah Buaya hingga Santan

Ilustrasi rambut rontok (Foto : Halodoc)
Ilustrasi rambut rontok (Foto : Halodoc)

PANTAUBALI.COM – Memiliki rambut sehat dan lebat merupakan dambaan semua orang, khususnya kaum hawa. Namun, sering kali rambut mengalami kerontokan.

Pemicu terjadinya rambut rontok bisa bermacam-macam, diantaranya karena keturunan atau genetik, sering mewarnai rambut, stres, perubahan hormon bahkan kurang tidur.

Rambut rontok bisa terjadi sementara ataupun permanen. Normalnya rambut rontok sekitar 50-100 helai setiap harinya dan akan digantikan dengan rambut baru.

Namun, jika melebihi jumlah tersebut dan berlangsung terus menerus maka dikategorikan mengalami rontok parah. Kondisi tersebut tentunya harus segera mendapatkan penanganan agar tidak sampai mengalami kebotakan.

Saat ini banyak obat, vitamin, maupun terapi yang bisa mengobati rambut rontok. Namun alangkah baiknya jika penanganannya dilakukan dengan bahan-bahan alami dari rumah.

Berikut adalah cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dipraktekkan di rumah.

1. Menggunakan Lidah Buaya

Baca Juga:  Periode Januari-Mei 2024, Kasus DBD di Tabanan Tercatat 1.026, Tiga Orang Meninggal

Lidah buaya merupakan sebuah tanaman yang dikenal akan manfaatnya untuk rambut. Dilansir dari beberapa sumber, lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, C, E, B12 dan kolin, Dimana kandungan tersebut sangat baik untuk rambut. Selain itu lidah buaya juga memiliki kandungan enzim proteolitik untuk merangsang pertumbuhan rambut. Lidah buaya juga bisa memperkuat akar rambut.

Caranya, oleskan lidah buaya dengan merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bisa dengan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, lakukan hal tersebut secara teratur.

2. Menggunakan Minyak Kemiri

Kemiri adalah tanaman yang bijinya sering dijadikan minyak. Minyak kemiri memiliki kandungan asam lemak omega 3, omega 6, omega 9, dan vitamin E. Karena adanya kandungan tersebut, dapat memaksimalkan nutrisi dan kelembapan pada rambut. Selain itu minyak kemiri juga mengandung zat besi, selenium, dan mineral lain yang dapat membuat rambut lebih sehat.

Baca Juga:  Periode Januari-Mei 2024, Kasus DBD di Tabanan Tercatat 1.026, Tiga Orang Meninggal

Caranya oleskan minyak kemiri dengan merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian pijat secara lembut untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat akar rambut. Lalu diamkan selama 15-30 menit, kemudian bilas dengan air.

3. Menggunakan Teh Hijau

Teh hijau merupakan hasil olahan dari daun teh yang berasal dari tanama camellia sinesis. Teh hijau mengandung katekin yang mampu menekan pembentukan hormon dihidrotestosteron. Karena kandungan tersebut, teh hijau dapat mencegah kerontokan rambut.

Caranya seduh 2 kantong teh hijau dalam segelas air. Tunggu sampai dingin, kemudian aplikasikan dari kulit kepala dan seluruh rambut. Diamkan selama 60 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4. Menggunakan Santan

Santan mengandung zink, vitamin E, vitamin B6, kalium, serta fosfor yang dapat membuat rambut lebih halus dan tidak gampang rontok.

Baca Juga:  Periode Januari-Mei 2024, Kasus DBD di Tabanan Tercatat 1.026, Tiga Orang Meninggal

Caranya, aplikasikam santan dari kulit kepala hingga ke seluruh rambut, kemudian diamkan selama 30 menit. Lalu bilas menggunakan sampo dan air bersih.

5. Menggunakan Rosemary Oil

Rosemary merupakan tanaman yang biasanya tumbuh di daerah yang cuacanya tidak terlalu panas atau dingin. Rosemary memiliki kandungan vitamin A, B, dan C. dengan menggunakan ekstrak rosemary, dapat mengatasi adanya rambut rontok. Jika digunakan secara teratur selama 6-7 bulan dapat merangsang pertumbuhan rambut. Ekstrak ini bisa berfungsi sebagai tonik atau penguat rambut.

 

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi rambut rontok. Namun jika cara diatas tidak mampu mengatasinya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. (ana)