DPRD Tabanan Kunjungan Kerja ke Lampung Timur

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Sebagai upaya untuk meningkatkan kerjasama antar-daerah, anggota DPRD Kabupaten Tabanan melakukan kunjungan ke DPRD Kabupaten Lampung Timur pada Jumat (5/1/2024). Rombongan yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, bertemu dengan anggota Komisi IV Lampung Timur, Made Tangkas Budawan, dan membahas potensi kerjasama di berbagai bidang.

Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, I Made Dirga, memperkenalkan rombongan yang hadir dan menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk memperkuat kerjasama antar-daerah dalam menghadapi tantangan bersama dan memajukan pembangunan di kedua kabupaten. Selain itu, rombongan juga memperkenalkan destinasi pariwisata di Kabupaten Tabanan, termasuk keindahan wisata alam yang meliputi pegunungan dan pantai-pantai indah.

Menyambut kunjungan tersebut, anggota Komisi IV DPRD Lampung Timur, Made Tangkas Budawan, menyatakan bahwa ini merupakan peluang untuk mempererat hubungan dan saling belajar antar-daerah. Dia menekankan pentingnya pertukaran ide, pengalaman, dan praktik terbaik antar legislator guna menciptakan kebijakan yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:  Jelang WWF Ke-10, Polres Tabanan Mulai Lakukan Persiapan Pengamanan

Dalam diskusi, Tangkas Budawan juga mengungkapkan potensi kerjasama ekonomi dan pariwisata antara Kabupaten Tabanan dan Lampung Timur. Ia menyampaikan minatnya terhadap peluang kerjasama dalam mengembangkan sektor pariwisata, mengingat adanya taman nasional Way Kambas di Lampung Timur yang memiliki daya tarik wisata edukasi dengan keberadaan gajah, badak, dan harimau Sumatra.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Lampung Timur menyampaikan bahwa daerahnya memiliki potensi wisata alam, terutama Taman Nasional Way Kambas. Meskipun mengakui bahwa Lampung belum seindah Bali, ia menyoroti usaha untuk menggali potensi pariwisata dan mempromosikan paket wisata yang mencakup edukasi mengenai gajah dan keanekaragaman hayati.

Baca Juga:  DPMPTSP Badung Gelar FGD Pengisian Jafung Penata Perizinan dan Penata Kelola Penanaman Modal

Diskusi juga mengungkapkan tantangan dalam pengelolaan Taman Nasional Way Kambas, termasuk dampak pandemi COVID-19 yang menyebabkan penutupan selama hampir empat tahun. Meskipun demikian, langkah-langkah telah diambil untuk membuka kembali taman nasional tersebut pada Desember 2023, dengan penawaran paket wisata edukasi yang melibatkan gajah-gajah liar dan disekolahkan.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan antara Kabupaten Tabanan dan Lampung Timur di bidang pariwisata dan pembangunan daerah. (ana)