Sejumlah APK Caleg di Tabanan Dirusak

Salah satu APK milik Calon DPR RI, Nyoman Adi Wiryatama yang rusak.
Salah satu APK milik Calon DPR RI, Nyoman Adi Wiryatama yang rusak.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Situasi politik di Kabupaten Tabanan mulai memanas. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tabanan menemukan setidaknya ada sepuluh Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif yang dirusak.

“Kami menemukan APK yang dirusak saat melakukan patroli pada 30 Desember 2023 hingga 1 Januari kemarin dengan jajaran Panwascam,” ujar Ketua Bawaslu Tabanan I Ketut Narta, Selasa (2/1/2024).

Ia menyebut, di Kecamatan Selemadeg ada dua APK yang rusak yakni di wilayah Soka, Desa Antap ditemukan baliho milik Calon DPR RI, Nyoman Adi Wiryatama dilubangi tepat di bagian wajah. Begitu juga dengan APK milik Calon DPD Ainun Niaman yang terpasang di Bonian, Desa Antap ditemukan dengan kondisi yang sama.

Baca Juga:  Sempat Dihentikan Mendadak, Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan di Tabanan Dilanjutkan

Kemudian di Pangkung Karung Kerambitan, juga ada baliho Caleg yang rusak dan diduga karena hujan angin. Di Kecamatan Tabanan yakni di Desa Gubug dan Perempatan menuju Rumah Sakit Wisma Prasanti ditemukan APK milik Caleg Partai Nasdem robek.

Di wilayah Kecamatan Kediri juga menemukan APK Caleg yang rusak seperti milik caleg dari PSI, Gerindra dan Nasdem serta Demokrat.  Kemudian di Desa Pemenang, tepatnya perbatasan antara Marga dan Kediri, ditemukan perusakan baliho Capres Prabowo dan juga beberapa calon lainnya.

Baca Juga:  Bungan Desa ke-45, Bupati Tabanan Kedepankan Potensi Agrowisata di Desa Petiga Marga

“Namun kami masih melakukan penelusuran sehingga belum diketahui sengaja dirusak atau bagaimana,” ucapnya.

Narta menambahkan, meskipun sampai saat ini belum ada laporan terkait rusaknya sejumlah APK ini, pihaknya tetap melakukan penelusuran untuk mengetahui penyebab pastinya.

“Kami tetap lakukan penelurusan sebagai bentuk tindak pengawasan kami,” imbuhnya.