KPU Tabanan Gelar Simulasi Pemilu di Desa Sesandan, Libatkan 240 DPT

Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Senin (25/12/2023) di TPS 1 Balai Banjar Sesandan Lebah, Desa Sesandan, Kecamatan Tabanan.
Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Senin (25/12/2023) di TPS 1 Balai Banjar Sesandan Lebah, Desa Sesandan, Kecamatan Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabanan menggelar simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada Senin (25/12/2023).

Simulasi ini digelar di TPS 1 Balai Banjar Sesandan Lebah, Desa Sesandan, Kecamatan Tabanan dengan melibatkan 240 orang yang telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Adapun kegiatan ini dimulai sekitar pukul 07.00 WITA.

Baca Juga:  Lomba Cipta Menu dan Lomba Karaoke Meriahkan Bulan Bung Karno 2024

Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra mengatakan, simulasi ini dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota di Bali sesuai perintah KPU pusat.

Tujuannya untuk mengetahui estimasi waktu dan kendala-kendala yang akan dihadapi saat pelaksanaan pemilihan di masing-masing TPS sehingga nantinya bisa menjadi evaluasi saat pemilihan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Simulasi ini dilakukan sesuai dengan waktu riilnya yakni mulai pemilihan pukul 07.00 WITA dan berakhir pukul 13.00 WITA. Setelah itu dilanjutkan perhitungan suara sampai selesai,” jelas Suwitra di sela-sela acara.

Ia menjelaskan, alasan dipilihnya Banjar Sesandan Lebah karena lokasinya dekat dengan Kantor KPU Tabanan.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan akan Bangun Taman Perjuangan

“Selain itu, kami juga mengusahakan mencari tempat dimana satu Banjar memiliki satu TPS agar lebih efektif,” akunya.

Suwitra menambahkan, pemilih disabilitas juga ikut dalam simulasi ini sebab mereka juga memiliki hak pilih yang sama dalam Pemilu.

“Ada satu pemilih disabilitas disini. Dan nantinya jika mereka membutuhkan pendamping dari KPU maka akan didampingi,” imbuhnya. (ana)