Dukung Pengerajin Lokal Tabanan, Bupati Sanjaya dan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya Hadiri Kriyanusa 2023

Bupati Sanjaya dan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya Selaku Ketua Dekranasda Tabanan Hadiri Kriyanusa 20232
Bupati Sanjaya dan Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya Selaku Ketua Dekranasda Tabanan Hadiri Kriyanusa 20232

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Bupati Tabanan serta Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya menghadiri Pameran Kriyanusa Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang bertujuan untuk mempromosikan produk produk kriya dari seluruh Indonesia.

Kehadiran Bupati Sanjaya dan Ny. Rai Wahyuni merupakan wujud dukungan terhadap pengrajin lokal Tabanan yang turut serta dalam pameran Kriyanusa Tahun 2023,

Acara yang bertemakan ‘Kriya Unggul, Indonesia Maju’ itu juga dibuka oleh Pembina DEKRANAS yang juga selaku Ibu Negara, Iriana Joko Widodo didampingi oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin dengan menabuh rebana bersama-sama dengan para anggotanya.

Baca Juga:  Komisi IV DPRD Tabanan Minta Dinas Kesehatan Serius Tangani Lonjakan Kasus DBD

“Ini adalah wadah yang tepat untuk mempromosikan karya-karya para perajin Indonesia yang mengagumkan,” ujar Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin.

Wury menambahkan, diperlukan wadah yang tepat kriya sebagai bagian budaya di Indonesia, karena hasil tangan para perajin Nusantara tersebut memiliki peranan penting untuk pelestarian hingga pengembangan budaya lokal.

Senada dengan hal tersebut, Bunda Rai selaku Ketua Dekranasda Tabanan menyampaikan sangat mendukung diselenggarakan kriyanusa ini.

Pihaknya juga sangat getol mendorong para pelaku usaha di Kabupaten Tabanan yang bergerak di bidang kerajinan agar produknya lebih berkembang melalui berbagai promosi. Salah satunya melalui pojok Dekranasda yang memamerkan produk-produk para pengrajin lokal di Loby Kantor Bupati Tabanan.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Apresiasi Kekompakan Masyarakat Melaksanakan Yadnya Bersama di Desa Kelating

“Selain itu, kami juga mempromosikan produk-produk maupun karya-karya pengrajin dikaitkan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dalam setiap kegiatan/event. Bahkan, Pojok Dekranasda telah hadir di setiap Kecamatan di Kabupaten Tabanan. Kami selalu memberikan ruang bagi pelaku IKM untuk mempromosikan produknya. Dimana setiap event yang ada di kabuoaten Tabanan, baik sekala besar maupun sekala kecil,selalu melibatkan IKM,” imbuh Bunda Rai.

Untuk diketahui, dalam kesempatan ini Dekranasda Kabupaten Tabanan menampilkan berbagai macam produk kerajinan lokal unggulan, antara lain : Kerajinan Keramik dari MK Keramik Marga dan Tanteri Keramik Desa Pejaten, Gerabah, fashion jineng Kebaya, Songket Pupuan, lukisan Sution Kreasi, Kerajinan Besi Warna Warni, Tas Rajut Deva, dan Bali Aksesories.

Baca Juga:  Kabupaten Badung Siap Berlaga dalam Kejuaraan Liga Tenis Bali Bangkit 2024

Pameran Dekranas dalam Kriyanusa 2023 mengajak lebih dari 300 perajin kriya Nusantara mengikuti ajang tersebut agar budaya-budaya dari setiap daerah di Indonesia bisa lebih dikenali oleh masyarakat mulai dari Ibu Kota. (rls)