Loncat ke Gerindra, DPC PDIP Percepat Proses PAW Nyoman Suadiana Anggota DPRD Tabanan

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Tabanan I Gusti Nyoman Omardani
Wakil Ketua Bapemperda DPRD Tabanan I Gusti Nyoman Omardani

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Tabanan fraksi PDI Perjuangan I Nyoman Suadiana sudah mendapat surat keputusan (SK) pemecatan dari DPP PDI Perjuangan.

Seperti diketahui, Nyoman Suadiana yang akrab dipanggil Mang Dodik telah mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Anggota DPRD Tabanan dari Partai Gerindra pada Pemilu 2024 mendatang.

Bahkan, ia juga telah masuk sebagai Daftar Calon Sementara (DCS) yang diumumkan pada 19 Agustus 2023 lalu oleh KPU Tabanan berdasarkan Surat Pengumuman Nomor : 1492/PL.01.5-Pu/5102/2/2023.

Tentunya hal itu menjadi polemik sebab ia masih menjadi anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP.

Liation Officer (LO) PDI Perjungan Tabanan I Gusti Nyoman Omardani mengatakan, SK pemecatan dengan nomor 88/KPTS/DPP/VIII/2023 diterima DPC PDI Perjuangan pada Selasa (5/9/2023) lalu.

Baca Juga:  Dukung Produktivitas Petani, Pemkab Tabanan Bersama Kelompok Wanita Tani Dukuh Mesari Tanah Bibit Cabai

Dalam SK disampaikan pemecatan I Nyoman Suadiana dari PDI Perjuangan serta mengangkat I Gusti Ngurah Mahardika sebagai PAW di DPRD Tabanan.

“Surat telah kami terima Selasa kemarin dan itu sudah kita tindak lanjuti. Dari DPC sudah langsung bersurat kepada DPRD untuk usulan pergantian dan penghentian antar waktu I Nyoman Suadiana,” jelasnya.

Ia menyebut, DPRD Tabanan juga sudah bersurat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan untuk mendapat hasil perolehan suara I Gusti Ngurah Mahardika pada Pemilu 2019 lalu.

Kini, proses PAW I Nyoman Suadiana yang juga merupakan adik dari Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, tinggal mengirim surat pengantar usulan penetapan PAW ke Gubernur Bali melalui Bupati Tabanan.

Baca Juga:  Bungan Desa Ke-49, Bupati Tabanan Tonjolkan Ragam Potensi Unggulan Desa Tengkudak

Kemudian, SK penetapan PAW dari Gubernur paling lambat diterima 14 hari setelah pengajuan surat pengantar.

“Rencananya surat pengantar tersebut dibawa ke Kantor Gubernur Senin (11/9/2023) besok. Dari mekanisme yang ada, maksimal 14 hari dari waktu pengajuan surat pengantar Gubernur sudah harus memberikan jawaban berupa SK Penetapan PAW. Jadi paling tidak tanggal 20 September ini sudah ada SK Penetapan,” jelasnya.

Baca Juga:  Marga Festival Marhen 2024, Wadah untuk Kenalkan Potensi Desa dan Wisata Kecamatan Marga

Omardani menambahkan, dipilihnya I Gusti Ngurah Mahardika sebagai pengganti I Nyoman Suadiana Anggota DPRD Tabanan dari Fraksi PDIP yang mewakili Daerah Pemilihan Tabanan III (Kecamatan Penebel-Baruriti) dilakukan sesuai peraturan yang telah berlaku.

Berdasarkan hasil perolehan suara pada Pemilu 2019, Gusti Ngurah Mahardika mendapat peringkat suara sah keenam dengan perolehan suara sah 3.248. Ia juga saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua PAC Baturiti.

“Disamping perolehan suara, sesuai dengan peraturan partai maka kader yang diajukan juga harus terbukti tidak pernah melakukan pelanggaran terhadap peraturan partai,” imbuhnya. (ana)