Tips Memasak Daging Supaya Cepat Empuk, Dijamin Irit Gas

PANTAUBALI.COM – Daging memang bisa dimasak menjadi berbagai macam olahan.

Untuk menghasilkan daging yang empuk dibutuhkan waktu lama. Tak jarang daging bisa menjadi keras dan alot jika teknik pengolahannya salah.

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa tips mengolah daging agar empuk dan dijamin irit gas.

Potong melawan serat daging
Teknik pemotongan berpengaruh pada tekstur daging. Untuk membuat daging menjadi empuk, potonglah daging melawan serat sehingga mudah terurai. Selain itu, teknik potongan ini bisa mempersingkat waktu merebus daging dan tentunya hemat gas.

Rendam dengan baking soda
Selain digunakan untuk proses pembuatan cake atau cookies, baking soda juga bisa membuat daging lebih empuk.
Cukup lumuri daging dengan sedikit baking soda hingga rata pada seluruh permukaan daging lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air.

Baca Juga:  Manfaat Bunga Ratna untuk Kesehatan, Bisa Dijadikan Teh Herbal

Marinasi dengan buah-buahan
Sebelum mulai memasak, lumuri daging dengan buah-buahan yang mengandung enzim bromelin seperti buah nanas, kiwi atau pepaya. Cukup lumuri daging dengan buah yang sudah diparut selama 5 menit. Setelah itu daging bisa langsung dimasak dalam waktu yang sebentar.

Bungkus daging dengan daun pepaya
Daun pepaya mempunyai kandungan enzim alami yang akan memecah protein daging sehingga membuat tekstur daging menjadi lebih lunak.
Cukup bungkus daging dengan daun pepaya yang sudah dibersihkan. Setelah itu diamkan selama satu jam sebelum daging diolah.

Baca Juga:  Rekomendari Ide Hampers Lebaran yang Cocok Untuk Orang Terdekat

Gunakan metode 5-30-7
Teknik memasak 5-30-7 bisa digunakan untuk mengirit gas saat memasak daging. Caranya adalah dengan mendidihkan air lalu masak daging selama 5 menit lalu matikan api dan tutup. Diamkan selama 30 menit selanjutnya masak kembali selama 7 menit. (*)