Dua Jembatan Jebol di Marga Akan Diperbaiki Mei 2023

Kondisi Jembatan Yeh Kajang, Desa Cau Tua, Kecamatan Marga, Tabanan.
Kondisi Jembatan Yeh Kajang, Desa Cau Tua, Kecamatan Marga, Tabanan.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Dua jembatan jebol akibat bencana pada Oktober 2022 di Desa Geluntung dan Yeh Kajang, Desa Tua, Marga, Tabanan, akan diperbaiki pada akhir Mei 2023.

 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedi Saputra saat dikonfirmasi, Jumat (31/3/2023).

 

“Sekarang ini masih tahap perencanaan sampai awal April 2023. Kalau tidak ada kendala masuk ke tahap pengadaan paling lambat akhir Mei 2023,” ujar I Made Dedi Saputra.

Baca Juga:  Ajukan Permohonan Sertifikat Halal, Dapur Lapas Tabanan Ditinjau LPPOM MUI

 

Dedi Saputra menyebut, sumber dana perbaikan jembatan dari Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Bali.

 

Perbaikan jembatan di Desa Geluntung dengan panjang mencapai 12 meter memerlukan biaya mencapai Rp4,5 miliar dengan pengerjaan paling lama enam bulan.

 

Sedangkan jembatan Yeh Kajang pada jalur penghubung Kecamatan Marga-Baturiti diperkirakan biayanya mencapai Rp 11,4 miliar.

 

“Anggarannya mencapai Rp11,4 miliar karena dimensi jembatan pada ruas jalan provinsi itu relatif panjang yakni 30 meter dan lebar 8 meter,” jelas Dedi.

Baca Juga:  Inovasi TPS3R Desa Pangkung Karung, Olah Sampah Jadi Pupuk Organik Gratis untuk Warga

 

Ia menjelaskan, konstruksi jembatan Yeh Kajang akan terdiri dari dudukan jembatan dan struktur jembatan berupa beton prategang. Kemudian, bagian atasnya akan dilapisi beton biasa untuk dilalui kendaraan.

 

Berbeda dengan konstruksi sebelumnya yang memanfaatkan tumpukan tanah di atas pelengkung yang berfungsi sebagai saluran air dan terbuat dari beton cor.

 

 

“Konstruksi lama sudah ada sejak zaman Belanda dengan diameter pelengkung hanya 1,5 meter. Jadi saat ada banjir bandang kemarin, saluran air pada pelengkung ini tersumbat dan menjebol jembatan,” ungkap Dedi.

Baca Juga:  Rencana Koalisi PDIP-Golkar di Pilkada 2024 Tabanan, Sanjaya: Belum Deal

 

Sejak rusak, jembatan Yeh Kajang digantikan dengan jembatan darurat yang dibiayai para donatur. Hampir 5 bulan jembatan darurat ini dimanfaatkan warga sekitar untuk menyeberangi Yeh Kajang.

 

Begitupun jembatan di Desa Geluntung yang menjadi penghubung dengan Desa Marga Dajan Puri. (ana)