Panen Padi Nusantara di Subak Bengkel, Provitas Capai 7,55 Ton

Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare di Subak Bengkel, Kecamatan Kediri.
Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare di Subak Bengkel, Kecamatan Kediri.

PANTAUBALI.COM, TABANAN – Gerakan Nasional Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare di Kabupaten Tabanan dipusatkan di Subak Bengkel, Desa Bengkel, Kecamatan Kediri, Sabtu (11/3/2023).

 

Subak Bengkel memiliki luas lahan pertanian 335 hektare yang digarap 585 petani.

 

“Sebelum panen, Tim BPP (Badan Penelitian dan Pengembangan) Kediri bersama Tim Statistik dan prajuru Subak Bengkel telah melaksanakan pengambilan ubinan. Hasil provitas (produktivitas) mencapai 7,55 ton per hektare. Angka ini lebih tinggi dari provitas  rata-rata di Bali,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, I Made Subagia.

Baca Juga:  Komisi IV DPRD Tabanan Minta Dinas Kesehatan Serius Tangani Lonjakan Kasus DBD

 

Selama  proses panen, Subak Bengkel dibantu menggunakan mesin panen padi (combine harvester). Pemasaran hasil produksi petani  dikelola Perumda Dharma Santhika untuk menjaga ketahanan pangan.

 

“Harapannya gabah tidak sampai dijual keluar (Tabanan). Kami akan terus mendorong supaya hasil pertanian ini dikoordinasikan Perumda Darma Santika,” ungkapnya.

 

Sementara itu, luas panen padi di Tabanan pada Maret 2023 mencapai 3.093 hektare yang tersebar di 8 kecamatan, yaitu  Selemadeg Barat (105 ha), Selemadeg (23,2 ha), Selemadeg Timur (940 ha), Kerambitan (277 ha), Tabanan (122 ha), Kediri (1.483 ha), Marga (99 ha), dan Pupuan (44 ha).

 

Baca Juga:  Momen Hari Raya Idul Adha, Warga LDII Tabanan Ngejot Gulai Kambing

Sedangkan Kecamatan Baturiti dan Penebel belum memasuki musim panen.

 

“Provitas panen pada Maret 2023 dibandingkan tahun 2022  ada penmingkatan 6,8 persen. Walaupun adanya perubahan suhu dan cuaca yang tidak menentu kami optimis akan terus terjadi peningkatan produksi,” ucap Subagia.

 

Panen padi di Subak Bengkel dihadiri Kadis Pertanian Provinsi Bali  Wayan Sunada, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda Tabanan  I Gede Susila, serta beberapa pejabat. (ana)