Awas! Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Laptop Jadi Cepat Rusak

foto internet.
Foto internet.

PANTAUBALI.COM – Di tengah kemajuan teknologi, laptop atau komputer jinjing menjadi kebutuhan primer bagi sejumlah kalangan, mulai dari pekerja kantoran, content creator, mahasiswa, hingga anak sekolahan.

Namun, masih ada kesalahan-kesalahan sepele yang biasa dilakukan sehingga menurunkan performa dan akhirnya laptop tidak bisa dipakai.

Dilansir dari YouTube Paradise Store Indonesia, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa buat laptop cepat rusak.

Menutup laptop dalam keadaan masih hidup

Kebiasaan ini paling sering dilakukan. Jika dilakukan terus menerus akan mengurangi performanya secara perlahan, secara otomatis memperpendek usia laptop.

Baca Juga:  5 Tips Ampuh Mengatasi Rasa Lemas saat Puasa

Sebaiknya, setelah dimatikan (shut down) tunggu beberapa saat agar hawa panas tersalurkan dengan baik.

 

Menggunakan mode sleep

Mode sleep dan hibernate hanya mensetting laptop untuk tetap siaga. Jadi beberapa sistem masih ada yg bekerja. Usahakan hindari menyalakan mode sleep terlalu lama.

 

Cara pengisian daya yang salah

Jangan biarkan daya baterai sampai habis dan jangan juga isi daya ketika masih diatas 30%. Kebiasaan ini dapat mengurangi kemampuan baterai dalam menyimpan daya. Lama kelamaan baterai akan drop. Sebaiknya mengisi daya ketika sudah muncul notifikasi atau sekitar 10%.

Baca Juga:  Pentingnya Asupan Vitamin C dan Zinc untuk Tubuh Selama Puasa

Memasang atau mencabut komponen eksternal secara paksa saat terburu-buru

Kita tidak sadar memasang atau mencabut komponen eksternal secara paksa atau digoyang-goyang. Akibatnya, port akan menjadi longgar sehingga hardisk menjadi tidak terbaca. Walaupun keras sebaiknya cabut dengan arah lurus dan kuat.

Menggunakan laptop di atas kasur, sofa atau pangkuan

Memang terasa nyaman, tetapi tanpa sadar hal ini menyebabkan terhambatnya aliran udara di bawah laptop. Hal seperti ini bisa menutup lubang ventilasi sehingga laptop akan cepat panas. Usahakan gunakan laptop di tempat yang terbuka.

Baca Juga:  Manfaat Buah Ciplukan bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Ampuh Turunkan Kolesterol

Menggunakan laptop sambil makan dan minum.

Potensi laptop terkena cairan atau kotoran mungkin terjadi. Walaupun saat ini sudah banyak laptop yang dilengkapi water resistance tapi tetap saja hindari hal tersebut atau beri jarak antara laptop dan makanan.

Jarang membersihkan laptop

Debu yang menempel berakibat pada menurunnya kinerja laptop. Debu tersebut sering dijumpai di bagian layar, keyboard. Sebaiknya saat membuka laptop usahakan langsung bersihkan begitu juga saat selesai menggunakan. (ana)