Gubernur Bali Serahkan BKK Rp3,99 Miliar untuk Subak Tabanan

Ketua Sabantara Pekaseh Tabanan, Wayan Pugeh seusai menerima bantuan secara simbolis untuk subak Tabanan.
Ketua Sabantara Pekaseh Tabanan, Wayan Pugeh seusai menerima bantuan secara simbolis untuk subak Tabanan.

PANTAUBALI.com, Tabanan – Gubernur Bali Wayan Koster menyerahkan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Rp3,99 miliar kepada subak dan subak abian se-Kabupaten Tabanan.

Bantuan diserahkan Gubernur Koster saat simakrama kepemimpinan selama 4 tahun di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Jumat (3/2/2023). Nantinya, dana itu disalurkan untuk 128 subak di Kabupaten Tabanan.

“Penggunaan dana ini akan didasarkan dari juknis (petunjuk teknis) Pemerintah Provinsi Bali” ujar Ketua Sabantara Pekaseh Tabanan, Wayan Pugeh.

Baca Juga:  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Bale Saka 6 Milik Warga Desa Sembung Gede Ludes Terbakar

Dana batuan ini akan digunakan untuk mengemplementasikan Tri Hita Karana dalam bidang pertanian, yaitu Parahyangan, Palemahan dan Pawongan.

“Parahyangan seperti upacara subak. Palemahan seperti untuk perbaikan irigasi, dan Pawongan seperti pelatihan SDM (pengurus dan anggota subak) untuk meningkatkan produksi pertanian” ungkap Wayan Pugeh.

Dia menilai Pemerintah Provinsi Bali telah memperhatikan pertanian dengan cukup baik. Pugeh juga berharap pemerintah dapat mendorong generasi muda lebih terlibat dalam pengembangan pertanian di Bali. (ANA)