Ketua DPRD Tabanan Hadiri Perayaan Rahina Tumpek Wariga, Jaga Alam Untuk Kesejahteraan Manusia

TABANAN – Pantaubali.com – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga S.Sos menghadiri perayaan Rahina Tumpek Wariga oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan yang dipusatkan di Pura Dalem Prajapati Desa Adat Kota Tabanan, Sabtu, (10/12). Pada kesempatan tersebut ia berpesan agar masyarakat selalu menjaga alam dan merawat tumbuhan sehingga berguna untuk manusia.

“Apa yang dicanangkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster sangat bagus. Pelaksanaan tata-titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru patut kita dukung,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Tabanan melaksanakan upacara Wana Kerthi dalam rangka perayaan Rahina Tumpek Wariga dirayakan setiap 6 bulan sekali di hari Saniscara Wuku Wariga.

Baca Juga:  Empat Orang Pendaki Tersesat di Gunung Sanghyang

Perayaan rahina Tumpek Wariga merupakan implementasi dari Instruksi Gubernur Bali Nomor 06 Tahun 2022 tentang Perayaan Rahina Tumpek Wariga dengan Upacara Wana Kerthi.

Pada acara itu, tampak Bupati Tabanan diwakili oleh Wakil Bupati I Made Edi Wirawan. Turut juga hadir Sekda, para Asisten dan OPD terkait, Manggala Majelis Desa Adat, Kepala Instansi Vertikal dan Direktur BUMD atau yang mewakili, serta Forum Perbekel se-Kabupaten Tabanan. Nampak juga, Bendesa Adat dan tokoh masyarakat serta masyarakat setempat.

Baca Juga:  Tekan Inflasi, Tabanan Gelar Operasi Pasar di Sepuluh Kecamatan 

“Adanya penghargaan terhadap kearifan lokal seperti ini, astungkara akan memberikan dampak positif bagi umat manusia,” ujar Dirga.

Selain itu, politisi PDI Perjuangan asal Banjar Sakeh, Desa Sudimara ini memenuhi uleman pujawali Pura Dalem di Desa Adat Yeh Gangga, Desa Sudimara serta uleman di Pura Desa, Desa Bengkel, Kecamatan Kediri.

“Sebagai pimpinan daerah, kami senang dan bangga masyarakat bisa tetap melaksanakan kegiatan yadnya dengan lancar dan bergembira,” pungkasnya.