Peringati Hari Ikan Nasional, Anak-Anak Megibung Makan Ikan

TABANAN – Pantaubali.com – Memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh setiap 21 November, sekitar 80 anak-anak dari PAUD dan taman kanak-kanan menggelar acara makan ikan bersama atau megibung di Yehgangga Beach Club di pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Tabanan, Kamis, (21/11) 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh yayasan PAUD Desa Sudimara juga bertujuan agar anak gemar makan ikan dalam upaya pecegahan stunting.

“Kami ajak anak-anak agar lebih senang makan ikan,” kata Bunda PAUD Desa Sudimara, Ni Made Fitria Dewi, Kamis, (21/11).

Baca Juga:  Diduga Sopir Ngantuk, Mobil Pikap Terperosok ke Got di Jalur Denpasar-Gilimanuk 

Anak-anak dari tiga sekolah PAUD dan TK diajak menikmati olahan ikan dengan dibuat mnjadi nuget. Aika yang digunakan berupa jenis gurami dan ikan laut.

“Selain mengajak anak-anak terlibat kegiatan, penyuluhan terkait stunting kami rutin lakukan melalui Posyandu,” ujarnya.

Hari ikan nasional ditetapkan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 24 Januari 2014 melalui Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2014 tentang Hari Ikan Nasional.

Perayaan ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi.

Baca Juga:  Diduga Akibat Korsleting Listrik, Bale Saka 6 Milik Warga Desa Sembung Gede Ludes Terbakar

Selain itu, penetapan Hari Ikan nasional juga dilakukan sebagai pengingat bahwa Indonesia memiliki potensi perikanan yang perlu dimanfaatkan secara optimal namun tetap berprinsip pada kelestarian alam.

Saking semangatnya, sekitar 15 menit anak-anak PAUD dan taman kanak-kanak Desa Sudimara sudah menghabiskan makanannnya.

“Suka makan ikan. Di rumah ibu sering bikin olahan ikan,” kata peserta makan ikan, Viona, 6 tahun.

Baca Juga:  36 Warga Binaan Lapas Tabanan Terima Remisi Idul Fitri

Selain acara makan ikan dengan megibung, kegiatan ini juga diisi dengan senam gemar makan ikan yang diikuti oleh anak-anak paud dan taman kanak-kanak. (tbn)

Foto: Kegiatan makan ikan untuk meperingati Hari Ikan Nasional di Yeh Gangga Beach Club, Pantai Yeh Gangga, Kamis, (21/11).