Wakil Bupati Sanjaya Pimpin Apel Kebangkitan Nasional

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Di Lapangan Alit Saputra Tabanan

TABANAN – Pantaubali.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 yang jatuh setiap tanggal 20 Mei, Senin (20/5) di lapangan Alit Saputra Tabanan. Selaku Inspektur Upacara, Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya serta diikuti Sekretaris Daerah Tabanan I Gede Susila, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tabanan, Kepala Perangkat Daerah, ASN Tabanan serta para pelajar.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dalam sambutan yang dibacakan Wabup Sanjaya menyampaikan bahwa semangat kebangkitan nasional yang tercetus 111 tahun lalu, ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Sampai sekarang tetap sangat ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa, memiliki semangat jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa, namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama yaitu kemerdekaan Bangsa.

“Dimana semangat itu tidak pernah pudar, justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan berbangsa dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Sampaikan Rekomendasi DPRD Kabupaten Tabanan atas LKPJ TA 2023 dalam Paripurna

Wabup Sanjaya mengatakan peringatan Harkitnas kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bulan suci yang menuntun kita mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan seperti permusuhan , kebencian apa lagi menyebar kebohongan dan fitnah. Sehingga relevan apabila harkitnas disematkan dengan tema “ bangkit untuk bersatu”.

“ Ini harus dimaknai dengan kemajemukan bahasa, suku, agama dan kebudayaan yang dimiliki bangsa ini, sehingga dapat di buktikan sampai saat ini masih mampu menjaga persatuan dan kesatuan yang Berbhineka Tunggal Ika,” terangnya.

Baca Juga:  Golkar Tabanan Sudah Siapkan 5 Calon untuk Pilkada 2024

Wabup sanjaya menambahkan, dalam seruan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada pidato di depan sidang tahunan majelis permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia tahun 2018 lalu, kita dihimbau dengan petuah sacangreud pageuh, sagolek pangkek yang menganjurkan bekerja secara gotong royong mengingat semangat persatuan dan gotong royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara.

“ Melalui memontum peringatan harkitnas ini mengajak kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan ini dengan memperbaharui semangat gotong royong dan kolaborasi sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global, khususnya di Kabupaten Tabanan tercapainya Tabanan yang Serasi,( Sejahtera Aman dan berprestasi)” serunya.

Baca Juga:  Distan Tabanan Genjot Vaksinasi PMK, Dua Kecamatan Ini Belum Tersasar

Apel Peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut juga disemarakkan dengan pementasan pragmentari Kolosal dengan judul Dharmaning Ksatria. Fragmentari persembahan dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Kerambitan.@humastabanan.