Waspada Anjing Rabies Di Tabanan ” Eliminasi Anjing Liar Gencar Di Lakukan “

Pantaubali.com-Tabanan-Anjing liar sebanyak 55 ekor di Desa Desa Delod Peken,Tabanan di eliminasi petugas Dinas Pertanian melalui UPTD Peternakan Tabanan bersama Tim gabungan dari Provinsi Bali,dan aparat desa setempat.pada hari minggu (25/3/2018).

Eleminasi anjing liar ini dilakukan karena sebelumnya tiga warga menjadi korban gigitan anjing di daerah ini. Selain itu, eliminasi juga untuk menghentikan kasus gigitan anjing yang berpotensi menularkan penyakit rabies kepada manusia.

Kepala UPTD Peternakan Tabanan, I Ketut Murya menjelaskan,eliminasi massal yang dilakukan pasca ada kejadian anjing liar yang menggigit tiga warga di Banjar Sakenan Baleran, Desa Delod Peken, Tabanan. Oleh karena itu ada tiga banjar yang menjadi locus dalam eliminasi anjing.Banjar Pangkung,Banjar Taman Sari dan Banjar Sakenan Baleran,”ungkap Murya.

Baca Juga:  Dukungan Meluas, Nyoman Mulyadi Semakin Yakin Maju Pilkada Tabanan 2024


Eliminasi hari ini terdapat 55 ekor anjing liar yang banyak berkeliaran di jalan yang di eliminasi. Sebelum kami dilakukannya eliminasi massal, kami sudah sudah bersurat kepada desa untuk menginformasikan kepada masyarakat akan ada eliminasi anjing,” jelasnya.
Dalam eliminasi ini pihaknya mengajak aparat Banjar dalam menyasar anjing yang mana bisa ditembak ataupun yang tidak,meskipun sebelumnya sempat mendapatkan vaksinasi dan sudah bertanda kalung bisa saja anjing tersebut tertular.

Untuk mengantisipasi terjadi gigitan anjing yang positif rabies pihaknya akan menjadwalkan vaksinasi massal kembali. Terutama terfokus wilayah di Kecamatan Tabanan. Sedangkan untuk di kecamatan yang lain juga akan dijadwalkan vaksinasi massal terutama yang memasuki zona merah.Dan untuk sementara vaksinasi dalam waktu dekat ini akan dilakukan di Kecamatan Tabanan,” terang Murya.
Sebelumnya, tiga orang warga Tabanan tergigit anjing liar di Banjar Sakenan Beleran, Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan,pada Minggu (19/3) diantaranya, I Ketut Widiana, Ni Ketut Puspa Wardani, dan I Gede Oka.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Hadiri High Level Meeting Pengendalian Inflasi Melalui TPID

Memang dari tiga korban tersebut tidak parah, namun mereka tetap mendapatkan Vaksinasi Anti Rabies (VAR) mengingat anjing yang menggigit positif rabies. Setelah anjing itu dieliminasi dan sampel otaknya di cek lab, anjing tersebut positif rabies.