Wayan Biling Kejari Tabanan, Siap Sapa Masyarakat Dipelosok

16

TABANAN – Pantaubali.com – Dalam upaya memberi pelayanan perkara dan mendekatkan diri ketengah-tengah masyarakat, Kejaksaaan Negeri (Kejari) Tabanan melakukan trobosan dengan meluncurkan ‘Wadah Pelayanan Mobil Keliling’ atau disingkat ‘Wayan Biling’.

“Dengan adanya kendaraan operasional ini memudahan Kejari Tabanan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Kepala Kejaksasaan Negeri (Kajari)Tabanan Ni Made Herawati SH didampingi, Kasi Pidum Kejari Tabanan, I Dewa Gede Awatara Putra dan Kasi Intel Kejari Tabanan I Gusti Ngurah Anom pelaksanaan Launching dilaksanakan di Kejari Tabanan, Jumat (1/4).

Setidaknya nanti akan ada 13 jenis layanan kejaksaan akan dapat di cover dengan layanan mobil keliling tersebut.

Selama ini masyarakat khususnya di pelosok sulit menghubungi kejaksaan (kejari), dengan layanan mobil keliling masyarakat akan lebih cepat dapat terlayani.Atau Kejaksaan yang melakukan jemput bola datang memberi pelayanan.

“Mohon dukungannya, setidaknya kami dapat mengemban tugas yang diamanahkan pimpinan kami dari Pusat,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Pidum Kejari Tabanan, I Dewa Gede Awatara Putra menyampaikan, pelayanan dengan mobil keliling memberi pelayanan kepada masyarakat langsung di tempat.

“Pelayanan kita biar on the spot, langsung turun ke masyarakat,” cetusnya.

Salah satunya layanan Restore Justice (RJ) untuk perkara- perkara yang sudah memenuhi syarat Restoratif Justice sesuai Peraturan Jaksa Agung No. 15 Tahun 2021.Adanya Wayan Biling menurut Dirinya akan mampu mempercepat proses penanganan RJ.

”Terkait perkara tersebut yang sudah memenuhi kualifikasi untuk direstoratifkan, pas pelaksanaan tahap kedua kita langsung datangi pelaksanaan langsung ada di kecamatan-kecamatan di Tabanan.Nantinya mobiling akan jalan terus dilakukan secara bergantian,” paparnya

Sembari Dirinya menambahkan, pemilihan warna di mobil untuk brand, setidaknya orang-orang akan tertarik dan bertanya-tanya dengan demikian tentu akan semakin dekat dengan masyarakat.

Baca Juga:  Ketua DPRD Tabanan Harapkan Peran Generasi Milenial Pada Pasemetonan Pratisentana Sira Arya Kubon Tubuh - Kuthawaringin

“Kalau masalah warna kejaksaan itu terdiri dari 6 bidang, yang mana warna mewakili dari bidang-bidang tersebut, Warna Biru pengawasan, Hijau untuk intelejen, Kuning untuk Datun sama pembinaan, Merah muda Pidsus, dan Merah sekali Pidum jadi semua bidang di Kejari Tabanan terwakili,” pungkas Awatara Putra.