Waka Polres Tabanan Hadiri Penilaian Lomba Sat Kamling Di Desa Adat Yeh Gangga

9

TABANAN – Pantaubali.com – Dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke-76 yang jatuh tanggal 1 Juli 2022, Polda Bali menggelar rangkaian kegiatan salah satunya lomba Sat Kamling tingkat Polda Bali.

Untuk Polres Tabanan menunjuk Sat Kamling Desa Adat Yeh Gangga, Desa Sudimara Kec/Kab Tabanan sebagai duta mewakili Kab. Tabanan. Pada hari Rabu 15 Juni 2022 pukul 09.00 s/d 10.15 wita, Tim Penilai dari Tim Dir Binmas Polda Bali yang dipimpin oleh AKBP I Nengah Merta, SH., bersama 3 orang Staf melakukan kegiatan penilaian.

Seijin Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra., S.I.K. M.H., kedatangan Tim penilai di Desa Adat Yeh Gangga disambut oleh wakapolres Tabanan Kompol Doddy Monza, S.I.K., M.Si., M.I.K.,didampingi oleh Kasat Binmas Iptu I Nengah Widia, SH., MH, tampak hadir dalam acara kegiatan dan ikut menyambut ketadangan Tim Muspika Kecamatan Tabanan (bapak Camat Tabanan, Kapolsek Tabanan, Danramil 01 Tabanan), Perbekel Desa Sudimara, Bendesa Adat Yeh Gangga, selanjutnya Waka Polres Tabanan didamping Jero Bendesa Adat mengarahkan Tim penilai serta para undangan, menuju Aula Desa Adat, juga diikuti Ketua BPD Desa Sudimara, Bhabinkamtibmas Desa Sudimara, anggota Linmas 30 orang, anggota Pecalang 10 orang dan anggota Bankamda 10 orang.

Acara kegiatan dibuka oleh Perbekel Desa Sudimara “mengucapkan selamat datang kepada Tim penilai, dilanjutkan menyampaikan informasi tentang geografis wilayah Desa Sudimara, terima kasih juga kepada Polres Tabanan atas ditunjuknya Sat Kamling Desa Adat Yeh Gangga mewakili Kabupaten Tabanan untuk mengikuti lomba Sat kamling tingkat Polda Bali”, Ucapnya.

Selanjutnya Sambutan Kapolres Tabanan yang melalui Wakapolres Tabanan pada intinya menyampaikan, puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sanghyang Widi Wasa), karena atas limpahan rahmat dan karunia-NYA, hari ini kita masih diberikan kesehatan sehingga dapat hadir dalam acara penilai Lomba Satkamling tingkat Polda Bali bertempat di pos Satkamling Desa Adat Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kec/Kab. Tabanan, kepada Tim Penilai Polda Bali selamat datang di Desa Adat Yeh Gangga, juga kepada para undangan terima kasih atas kesediannya hadir pada acara kegiatan ini.

Baca Juga:  Berhasil Tumbangkan Filipina di MLBB, Timnas Indonesia Fokus Raih Juara Umum IESF Bali 14Th WEC 2022

Sedangkan ketua Tim penilai AKBP I Nengah Merta, SH., dalam sambutan dan arahannya mengatakan “Lomba Sat kamling ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, yang bertujuan untuk lebih mengaktifkan kembali kegiatan siskamling di masing-masing wilayah tingkat Desa dan Banjar dalam upaya mewujudkan situasi Kamtibmas kondusif.

Petugas Linmas, Pecalang dan Bankamda adalah mitra kerja Polri dalam upaya Harkamtibmas (memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat) di wilayah tingkat Desa maupun Banjar, yang setiap harinya selalu bersinergi dengan Bhabinkamtimas dalam mengamankan rangkain kegiatan masyarakat karena keamanan adalah tanggung jawab kita bersama.

Keamanan adalah, hal mutlak harus diwujudkan diseluruh lapisan masyarakat, karena situasi aman kondisif akan berdampak dan berhimbas terhadap pergerakan sendi-sendi kehidupan perekonomian masyarakat, keamanan bukan menjadi tanggung jawab Polri semata, namun menjadi tanggung jawab kita bersama.

Diharapkan kepada petugas Linmas, Pecalang dan Bankamda dalam wadah satu tim SIPANDU BERADAT dapat memerankan perannya sebagai pelindung pengaman masyarakat, sebagai tim penyelesai permasalahan adanya konplik masyarakat ditingkat bawah, agar permasalahannya tidak maju ke Proses hukum.

Selesainya acara sambutan, selanjutnya Tim penilai menyaksikan peragaan ketangkasan anggota Linmas dalam gerakkan senam Tongkat T dan anggota Pecalang memperagakan ketangkasan gerakan senam borgol sebagai alat pemukul, dan salah satu anggota Simpandu beradat memperagakan cara memukul kentongan bila ada kebakaran dan pencurian.

Acara penutup Tim melakukan tanya jawab langsung dengan anggota Linmas tentang kesiapan dalam menghadapi bencana dan gangguan kamtibmas dan dilanjutkan pengecekan kelengkapan Pos Kamling, rangkaian kegiatan berjalan aman tertib, situasi aman kondusif. (Rilis)