Wagub Cok Ace Buka Kejuaraan Renang Nasional Perebutkan Piala Gubernur

2

BULELENG – Pantaubali.com – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) membuka Kejuaraan Renang Tingkat Nasional Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia memperebutkan Piala Gubernur Bali 2022 di Kolam Renang Nirmala Sari Buleleng, Kamis, Wraspati Kliwon Menail, (1/9/2022). Kejuaraan yang berlangsung hingga 3 September 2022 ini melibatkan 433 atlet dari 36 perkumpulan renang dari berbagai daerah di Indonesia.

Wagub Cok Ace dalam sambutannya mengutarakan rasa bangga karena satu-satunya kolam renang di Bali yang memenuhi standar nasional ada di Buleleng. Hanya saja menurutnya kolam renang ini masih membutuhkan peningkatan sarana dan prasarana seperti kelengkapan tribun penonton. Jika fasilitas kolam renang bisa dilengkapi, ia optimis kejuaraan renang tingkat nasional bisa lebih sering lagi diselenggarakan di sini.

Terkait dengan kejuaraan renang yang memperebutkan Piala Gubernur Tahun 2022, Wagub Cok Ace menyambut baik dan mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini. Selain sebagai wahana untuk mengukur kemampuan atlet renang Bali, kejuaraan ini juga dapat dijadikan indikator keberhasilan pembinaan yang selama ini telah dilaksanakan. Lebih dari itu, event ini sekaligus sebagai upaya mendorong pembinaan atlet renang secara berkesinambungan. “Saya sangat mengapresiasi langkah pengurus PRSI Bali beserta seluruh jajaran panitia yang menunjukkan komitmen penuh dalam menyukseskan kejuaraan ini,” ujarnya.

Masih dalam sambutannya, Guru Besar ISI Denpasar ini menyinggung Undang Undang Nomor 11 Tahun 2022 Tentang Keolahragaan. Undang-undang ini mengamanatkan bahwa pembinaan olahraga bukan semata tanggung jawab pemerintah, melainkan juga masyarakat. Ia menilai, penyelenggaraan kejuaraan semacam ini merupakan bagian integral pembinaan olahraga serta menjadi titik kulminasi dari proses pembinaan menyeluruh. “Pembinaan menyeluruh dilaksanakan mulai dari pengembangan minat, pemanduan bakat, seleksi dan kompetisi hingga sampai pada puncaknya yaitu prestasi,” urainya.

Baca Juga:  Hujan Deras " Perumahan Panorama Sanggulan Terendam Banjir "

Lebih jauh ia menambahkan, berbagai kejuaraan olahraga mulai dari tingkat daerah hingga internasional, belakangan ini mulai intens diselenggarakan di Bali. Oleh sebab itu, ia mendorong PRSI sebagai salah satu induk cabang olahraga memanfaatkan momen ini untuk menambah frekuensi kejuaraan bagi atlet renang Bali. Selain itu, PRSI juga diminta untuk lebih gencar dalam memasyarakatkan cabang olahraga renang. Mengakhiri sambutannya, Wagub Cok Ace berharap kejuaraan ini berdampak positif bagi perkembangan olahraga renang di Pulau Dewata. “Saya yakin, PRSI dengan dukungan dari semua pihak dapat melaksanakan kejuaraan semacam ini secara berkelanjutan dengan lebih banyak lagi jumlah peserta dan kualitas yang ditingkatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Bali Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana menyampaikan rasa bangga karena untuk pertama kalinya bisa menggelar kejuaraan tingkat nasional. Kendati dengan dukungan sarana dan prasarana yang masih terbatas, ia yakin kejuaraan ini akan berjalan dengan baik. Ditambahkan olehnya, cabang olahraga renang memiliki posisi strategis bagi Bali. Saat ini Bali menempati peringkat empat nasional dalam prestasi di cabor renang. Oleh sebab itu, ia menilai cabor renang membutuhkan perhatian serius agar kedepannya lebih banyak lagi atlet renang yang mampu menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Bali.

Di lain pihak, Ketua panitia pelaksana kejuaraan I Made Ari Susila menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Bali Wayan Koster karena sangat antusias mendukung kejuaraan ini. Ia melaporkan, kategori yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini adalah KU 4 hingga senior, serta dimeriahkan kelas master. Ia berharap, kejuaraan renang ini mampu membawa cabang renang Bali pada tingkatan terbaik di Indonesia. Klub terbaik dalam kejuaraan ini nantinya akan membawa pulang piala bergilir Gubernur Bali dan dana pembinaan. Piala Gubernur Bali dan dana pembinaan juga diberikan kepada perenang terbaik. Selain itu para juara akan mendapatkan medali serta piagam ber-barcode sebagai verifikasi keabsahan lomba.

Baca Juga:  Hujan Deras " Perumahan Panorama Sanggulan Terendam Banjir "

Pembukaan yang dihadiri pula oleh Penjabat Bupati Buleleng I Ketut Lihadnyana ditandai dengan pelepasan balon. Wagub Cok Ace juga berkesempatan mengalungkan medali bagi pemenang untuk kategori yang telah dilombakan. Sebelum meninggalkan lokasi pertandingan, ia menghampiri dan menyapa para atlet yang akan bertanding pada kejuaraan renang ini.