Wagub Bali, Ajak Masyarakat Mengenal Ciri-Ciri Keaslian Rupiah

6

DENPASAR – Pantaubali.com – Wakil Gubernur Bali Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati membuka kegiatan Seminar Nasional bertemakan ”Mengenal Ciri-Ciri Keaslian Rupiah” yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Bali bekerjasama dengan DPR RI dan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Selasa (Anggara Umanis, Krulut) (19/7) bertempat di Balai Diklat BKPSDM Provinsi Bali. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring) dan diikuti oleh seluruh anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali, mahasiswa dan masyarakat umum.

“Penting untuk mengetahui ciri-ciri keaslian uang Rupiah yang dipakai bertransaksi sehari-hari untuk menghindari terjadinya kerugian akibat beredarnya uang palsu”, jelas Cok Ace dalam sambutannya.

Di samping itu ia juga menyampaikan bahwa sesuai dengan visi Pemerintah Provinsi Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, salah satu program strategis yang dikembangkan adalah ‘Bali Smart Island’ yang tujuannya adalah mendorong berbagai kemajuan teknologi untuk mendukung pemanfaatan teknologi dalam penyebarluasan informasi serta pertumbuhan perekonomian di Bali.

Kegiatan Seminar Nasional ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho serta Akademisi dan Pakar Hukum Ibu Dewi Bunga yang memberikan pemahaman secara komprehensif mengenai UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang Rupiah serta hukum pidana yang berlaku di Indonesia terkait penggunaan dan pengedaran uang palsu.

Disamping itu Trisno Nugroho juga memperkenalkan aplikasi Rupiah kepada masyarakat sebagai media edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah.

Baca Juga:  Wagub Bali, Dorong Universitas Udayana Cetak SDM Unggul dan Berdaya Saing