Wabup Dr. Sanjaya: Maknai Bulan Bung Karno dengan Pertajam Jiwa Nasionalisme

3

TABANAN, Pantaubali.com – Bulan Juni merupakan bulan istimewa. Ini dikarenakan ada dua momen penting, yakni hari lahirnya Pancasila dan bulan Juni juga sebagai momentum peringatan terhadap proklamator bangsa yang dirayakan sebagai bulan Bung Karno.

Terkait dengan perayaan bulan Bung Karno ini, Wakil Bupati yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE.,MM mengajak seluruh komponen bangsa khususnya seluruh komponen masyarakat Tabanan untuk memaknainya dengan semakin mempertajam jiwa nasionalisme. Baginya ini sangat penting, mengingat jiwa nasionalisme Bung Karno sangat layak diteladani sepanjang masa.

“Setiap pemikiran Bung Karno sangat relevan diteladani sepanjang masa karena jiwa nasionalisnya yang sedemikian tinggi untuk tegaknya NKRI, Pancasila dan nilai-nilai kebangsaan,” sebutnya via telepon selulernya, Selasa (4/6).

Dr. Sanjaya menjelaskan, saat ini NKRI sedang mendapat ujian dan cobaan yang cukup berat. Yakni adanya upaya dari kelompok-kelompok tertentu yang seakan ingin memecah persatuan bangsa. Sebutlah misalnya faham-faham radikalisme yang mengingkari semangat kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila.

“Pasca pemilu 2019 kondisi itu juga terasa. Sehingga tegas saya katakan dalam momentum bulan Bung Karno ini, mari bersama kita pertajam semangat nasionalisme,” tegasnya.

Terkait semangat nasionalisme, Dr. Sanjaya mengaku bangga karena masyarakat Tabanan sendiri dikenal memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Salah satu buktinya adalah banyaknya pejuang yang gugur dalam perang kemerdekaan. Ini dikarenakan karena para pejuang tersebut sangat mencintai bangsanya dan menghormati jiwa patriotisme Bung Karno.

“Sampai pemilu 2019 kemarin PDIP meraih suara tertinggi karena pemilih sangat sadar PDIP adalah partai nasionalis dan berdarah Bung Karno,” ujarnya.

Kedepan imbuhnya, ia berharap jiwa nasionalis ini semakin tajam tumbuh pada jiwa-jiwa masyarakat Tabanan. Ini kemudian divisualisasikan dengan bersama-sama pemerintah bergotong royong membangun daerah. Sehingga berbagai potensi yang dimiliki Tabanan bisa tergarap maksimal untuk semakin tersejahterakannya kehidupan masyarakat.

Baca Juga:  KPU Sebut, Kedua Bakal Pasangan Cabub dan Wabub Tabanan Lolos Syarat Kesehatan

“Sebagai masyarakat yang berjiwa nasionalis, melalui momentum bulan Bung Karno ini saya mengajak seluruh masyarakat Tabanan bersatu, bekerja menggarap berbagai potensi yang ada dengan tujuan akhir semakin sejahteranya kehidupan masyarakat Tabanan,” pungkasnya. *rah