Usung Aplikasi SimpelTAB, Perumda TAB Maksimalkan Pelayanan

12

TABANAN – Pantaubali com – Memasuki musim penghujan, Perumda Tirta Amertha Buana (TAB) Kabupaten Tabanan senantiasa meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan dengan memastikan jaringan pipa transmisi dan distribusi yang ada dalam kondisi baik.

Kontrol terhadap gangguan pun terus dilakukan secara berkelanjutan sehingga dapat langsung ditangani ketika ada gangguan.

Petugas lapangan juga disiagakan secara optimal agar bisa segera menindaklanjuti keluhan yang dialami pelanggan. Sebab sebagaimana diketahui bersama, saat musim hujan gangguan yang terjadi cenderung meningkat.

Tak hanya mengecek sumber-sumber mata air, pipa transmisi dan distribusi, Perumda Tirta Amertha Buana Tabanan juga senantiasa mengecek pompa-pompa yang ada di IPA yang dimiliki. Dimana umumnya ketika air baku keruh, pompa yang ada tidak dapat bekerja secara optimal.

Dan memang ketika musim hujan, gangguan yang biasa terjadi adalah pipa yang terkena longsor. Umumnya banyak terjadi di daerah rawan seperti Baturiti, Pupuan, dan Selemadeg.

Dan kini Perumda Tirta Amertha Buana telah memiliki aplikasi SimpelTAB yang bisa didownload di Play Store. Untuk dapat masuk ke menu utama diperlukan Nomor SBG (ID Pelangga) serta pelanggan harus melakukan scan QR yang ada pada water meter air masing-masing pelanggan. Apabila telah berhasil login, maka pelanggan akan disuguhkan dengan sejumlah menu. Mulai dari cek tagihan, menyampaikan keluhan, hingga baca meter mandiri.

Cek tagihan dapat dilakukan untuk mengetahui tagihan rekening. Penyampaian keluhan dapat dilakukan oleh para pelanggan dengan mengisi deskripsi pada kolom yang ada disertai foto.

Kemudian untuk fitur baca meter mandiri, dapat digunakan oleh pelanggan untuk mengunggah foto angka di meteran. Dan pembayaran pun sudah bisa dilakukan secara online via ATM, M-Banking, dan Internet Banking Bank BPD Bali, agen-agen Arindo, Griya Bayar Bank BTN, transfer antar bank (untuk yang tidak memiliki rek. BPD Bali), serta via Alfamart dan Indomaret (dengan nama Perumda TAB).

Baca Juga:  Selesai HUT Kota Tabanan, Ketua DPRD Langsung Penuhi Uleman Warga

Saat ini layanan Perumda TAB sudah semakin luas yang dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah Sambungan Rumah (SR) setiap bulannya. Kini, (per September 2022) pelanggan Perumda TAB telah mencapai 60.754 SR. Dengan target SR di tahun 2022.