TMMD Ke-144 Tahun 2022 di Penebel Tabanan Resmi di Tutup Danrem 163/Wira Satya

11

TABANAN – Pantaubali.com – TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 114 tahun 2022 secara resmi di tutup oleh Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam,S.E,M.M.,dengan ditandai pemukulan gong dalam Upacara Penutupan TMMD ke 114 yang digelar di Jaba Pura Luhur Muncak Sari Desa Sangketan Kecamatan Penebel Kab. Tabanan, kemarin, (Rabu (24/8).

Kegiatan Upacara Penutupan TMMD ke 114 tahun 2022 di wilayah Kodim 1619/Tabanan tersebut dihadiri oleh Danrem 163/Wirastya, Komandan Rindam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Para Kasi Kasrem 163/Wirasatya, Sekda Tabanan Dr. I Gede Susila, S.Sos, M.Si, Ketua DPRD Kab. Tabanan I Made Dirga S.Sos, Kapolres Tabanan diwakili Waka polres kompol Dodi Monza S. I. K., Kejari Tabanan diwakili kasi Datum Kejaksaan Negeri Tabanan, Kepala Pengadilan Negeri Tabanan bersama jajaran Forkopimda Kab. Tabanan, Dandim Jajaran Korem 163/Wirasatya, Kepala SKPD Kab. Tabanan, Kepala BUMN dan BUMD Kab. Tabanan, Forkopimcam Penebel dan selemadeg, Perbekel Desa Sangketan, Perbekel Desa Wanagiri beserta para bendesa Adat serta undangan lainnya termasuk Adik-adik Pramuka, pelajar, para tokoh dan Masyarakat serta pejabat terkait lainya.

Upacara Penutupan yang melibatkan peserta upacara yang terdiri dari 1 SSK Satgas TMMD, 1 STT personel TNI, 1 SST Polres Tabanan, 1 SST Satpol PP, 1 SST Dishub, 1 SST BPBD, 1 SST Pecalang, 1 SST Siswa SMA dan 1 SST Satsik Ajendam IX/Udayana tersebut, diawali dengan tarian pembukaan yaitu tarian bungan sandat kemudian untuk acara pokok dilanjutkan laporan Dansatgas TMMD ke 114, penandatanganan serah terima, serta sambutan dari Danrem 163/Wira Satya dan pernyataan penutupan secara resmi TMMD ke 114 dengan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali.

Sambutan Bupati Tabanan yang dibacakan oleh Sekda Tabanan Dr. I Gede Susila, S.Sos, mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan tni, polri, jajaran pemerintah daerah ,pemerintah desa, prajuru adat yang — terjun langsung membantu masyarakat dalam pembangunan fisik dan non fisik serta ‘”sinergitas yang telah dilaksanakan selama satu bulan penuh dari tanggal 26 juli s/d 24 agustus 2022.selanjutnya evaluasi perlu kita lakukan terhadap kegiatan ini sebagai bahan masukan untuk masa yang akan datang, setelah kita berhasil membangun jalan ini, maka tolong pelihara dengan baik sehingga dapat menjadi kenangan yang selalu melekat dihati seluruh masyarakat dan kita semua yang terlibat dalam tmmd ini.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Dukung Giat Pembangunan Di Sektor Olahraga dan Seni Budaya

Amanat Kasad yang dibacakan oleh Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam,S.E,M.M., Kegiatan acara penutupan TMMD Ke 114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selama satu bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022, para prajurit, Pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD ke 114 Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah.

“Oleh karena itu sebagai Kepala Staf Angkatan Darat dan selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke 114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar”, katanya.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980 an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD).

“Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan”, paparnya.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini, terdapat tutur kata, sikap dan tingkah laku para prajurit saya, yang tidak berkenan di hati masyarakat, baik disengaja maupun tidak disengaja,ujarnya.

Pada program TMMD ke-114 Tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah Kodam IX/Udayana, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya yaitu, pelebaran jalan dan pengerasan serta betonisasi badan jalan, pembuatan plat beton, pembuatan 3 buah gorong – gorong dan pembuatan senderan tambahan lainnya berupa 4 (empat) sasaran bedah rumah tidak layak huni.

Baca Juga:  Hujan Deras " Perumahan Panorama Sanggulan Terendam Banjir "

“Dengan ditutupnya TMMD ini membuktikan bahwa di Kabupaten Tabanan telah terbangun sinergisitas antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah untuk mempercepat dalam pelaksanaan pembangunan daerah terlebih tema kemanunggalan kali ini adalah “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”, katanya.

Danrem 163/Wsa Brigjen TNI Choirul Anam S.E. M.M. Berserta Rombongan Menuju Lokasi TMMD untuk melaksanakan Pemotongan Pita dan Dilanjutkan Peninjauan Sasaran Hasil TMMD berjalan dengan tertib, aman dan lancar.