Tabanan No Plastik ” Sanjaya Bagikan Ratusan Tas Belanja di Pasar Tabanan

16
Sanjaya Bagikan Tas Belanja Di Pasar Tabanan

TABANAN – Pantaubali.com – Sebanyak 500 buah tas  “Tabanan No Plastik” dibagkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) Kabupaten Tabanan, Bali Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM di Pasar Kota Tabanan, Sabtu pagi  (2 Maret 2019).

Tas belanja yang terbuat dari kain bewarna kombinasi hitam dan merah tersebut, bagian sisi warna merahnya bertuliskan “Semeton Sanjaya Bersatu” dan sisinya yang bewarna hitam bertuliskan “Tabanan No Plastik” di bagian atas dan bawahnya bertuliskan “Tetep Mekenyem”.

Sebelum bagi-bagi tas belanja, di depan pintu pasar bagian barat Sanjaya bertemu dengan seorang dadong (nenek) yang menjual boreh. Sambil ngobrol santai, Sanjaya langsung membagikan sebuah tas belanja. Tidak itu saja, Sanjaya juga membeli sebungkus boreh dagangan nenek tersebut dengan memberinya uang Rp 200 ribu yang diterima nenek dengan terharu. 

Sanjaya yang diiringi ratusan pendukungnya dari Semeton Sanjaya Bersatu kemudian memasuki pasar. Sambil membagikan tas kepada para ibu-ibu yang sedang belanja, Sanjaya juga mensosialisasikan kepada para penjual dan pembeli untuk mengganti tas kresek dengan tas kain yang lebih ramah lingkungan.

Usai bagi-bagi tas belanja, kepada wartawan Sanjaya menjelaskan bahwa kegiatan bagi-bagi tas belanja dari bahan kain tersebut merupakan salah satu bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan untuk mengurangi timbunan sampah plastik.

“Selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, bagi-bagi tas belanja dari kain ini juga dilakukan untuk mengurangi pemakaian tas plastik sesuai dengan Pergub Bali Nomor 97 tahun 2018 tentang pembatasan plastik sekali pakai. Kita semua tahu bahwa plastik sangat susah didaur ulang dan plastik kalau tertanam menyebabkan rusaknya kesuburan tanah,” paparnya.

Sanjaya berharap, tas berbahan kain yang dibagikan kepada para pembeli di Pasar Tabanan ini bisa digunakan oleh masyarakat sebagai pengganti tas plastik. Selain itu juga diharapkan  dapat menjadi stimulan dan motivasi bagi masyarakat untuk tidak lagi menggunakan tas plastik.

“Kebiasaan berbelanja menggunakan tas kantong kresek sekali pakai harus diubah karena tidak ramah lingkungan. Selain di Pasar Tabanan, kegiatan bagi-bagi tas belanja kain ini juga akan dilakukan di pasar lainnya yang ada di Kabupaten Tabanan,” jelasnya.

Menurut Sanjaya, untuk kegiatan aksi bagi-bagi tas belanja dari bahan kain yang ramah lingkungan ini, pihaknya telah menyiapkan tas sejumlah 2.000 buah. “Kami telah menyiapkan 2.000 buah tas kain. Bila masih kurang nanti alam ditambah lagi,” tegasnya.

Usai bagi-bagi tas gratis di Pasar Tabanan, Ketua DPC PDIP yang juga Pembina DPP Kombatan (Komunitas Banteng Asli Nusantara) Kabupaten Tabanan ini menuju ke Gedung Kesenian Ketut Maria, menghadiri pelantikan DPAC Kombatan seluruh kecamatan di Kabupaten Tabanan. 

Baca Juga:  Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dan Ny. Putri Koster, Pompa Semangat Petani Melalui Panen Sayur di Batusesa