Tabanan Harmoni Upaya Untuk Meredakan Ketegangan Politik Paska Pilpres

2
Bupati Tabanan Pimpin langsung Konfrensi Pers Tabanan Harmony

TABANAN – Pantaubali.com – Pelaksanaan pemilihan Presiden yang bersamaan dengan pemilihan legislative nampaknya menimbulkan ketegangan politik sampai ke masyarakat bawah. Apalagi politik identitas keagamaan sempat mencuat tajam ke permukaan. Meredakan ketegangan politik paska pilpres dan upaya kembali menyatukan masyarakat dalam keragaman, Pemkab Tabanan menggelar Tabanan Harmony Festival (THF) yang akan digelar 26-27 April mendatang di panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti megatakan, selama pelaksanaan Pilpres dan Pileg menjadi ujian terhadap Pancasila , UUD 1945 , NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Masyarakat seperti terpecah belah dengan politik identitas yang berkembang di masyarakat. Pihaknya tidak ingin hal tersebut terus berlanjut dalam kehidupan masyarakat di Tabanan maka dari itu, pihaknya memang menggelar festival ini sebagai salah satu bentuk,upaya membumikan pancasila, UUD 1945, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika di masyarakat Tabanan. “Ini upaya kami membumikan Pancasila di Tabanan dan kami harap bisa meredakan ketegangan politik paska Pilpres, maka kami menggelar Tabanan Harmony festival,” tandas Bupati Eka, Selasa (23/4).

THF diharapkan benar-benar kembali menyatukan masyarakat Tabanan untuk bersama-sama melaksanakan pembangunan. Dengan demikian, masyarakat kembali harmoni dan kembali bersatu (unity) dalam keberagaman yang ada di Tabanan. dalam THF tersebut akan melibatkan selurh umat Bergama yang ada di tabanan mulai Hindu, Islam, Kristen, buda, konghucu dan katolik. Mereka akan menampilkan kesenian bernuasana agama masing-masing yang tetap mengedepankan persatuan (unity) dalam keberagaman. “Akan ditampilkan kesenian bernuansa agama yang ada seperti barong sai, gandrung, barong bangkung, wushu (seni) serta kur dari amat nasrani yang puncaknya akan dipentaskan drama tari yang melibatkan semua kesenian dan budaya bernuansa agama masing-masing. Kami sudah berkoordinasi dengan FKUB dan tokoh agama yang ada di Tabanan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kembali,Dukungan Puri Mengalir ke Paket Jaya-Wira

Dikatakan, dalam kegiatan tersebut juga akan ada pidato kebangsaa yang kemungkinan akan disampikan ketua badan Pembina Ideologi pancasila Megawati Sukarno Putri atau Kiai haji Ma’ruf Amin. Selain itu seluruh anggota dewan pembina Ideologi Pancasila juga akan hadir di Tabanan. Ada pesan yang akan disampaikan ke seluruh Indonesia bahwa keberagaman tidak harus memecah belah persatuan dan semuanya harus kembali bersama. “itu pesan yang ingin saya sampaikan ke seluruh Indoensia dari Tabanan,” kata Bupati Eka 

Tabanan Harmoni Juga Di Meriahkan Pementasan Musik Regge Bali Joni Agung N Double T

Selain itu di sisi hiburan juga akan ditampilkan kesenian lain dan pentas music yang menghadirkan artis bali Joni Agung n Double T yang akan membawakan lagu –lagu yang bernuansa persatuan dalam keragaman . Salah satu lagu yang akan ditampilkan yakni ‘Perbedaan itu indah’ yang menyiratkan bahwa keberagaman yang ada di Indoensia tidak harus memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan tepat teguhnya Pancasila dan NKRI.