Surat Suara Pemilihan Presiden dan DPR RI Tiba Di KPUD Tabanan

3

TABANAN – Pantaubali.com – Sejumlah petugas KPU tampak sibuk menurunkan satu persatu box kardus di Kantor KPU Tabanan, Rabu (6/2). Adalah 934 box surat suara untuk pemilihan Presiden dan DPR RI. Namun, hanya baru tingkatan surat suara yang datang, tiga tingkatan untuk pemilihan DPD, DPRD tingkat I dan II masih berproses pencetakan.

Menurut data yang berhasil diperoleh, untuk surat suara pemilihan Presiden yang tiba sebannyak 187 box dengan isi per box sebanyak 2.000 lembar. Dan untuk surat suara DPR RI sebanyak 747 box dengan isi per box 500 lembar. Total surat suara yang datang sebanyak 373.473 lembar. Untuk sementara ratusan ribu surat suara ini disimpan di gudang logistic KPU Tabanan untuk selanjutna akan dilakukan pelipatan dan sortir.

“Hari ini (kemarin) baru dua surat suara untuk Presiden dan DPD RI. Nah sisanya (DPD, DPRD tingkat I dan II) masih diproses dna akan segera datang,” kata Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa, Rabu (6/2).

Weda menyebutkan, jumlah tersebut masih kurang jika cara penghitungannya menggunakan jumlah kebutuhan atau jumlah TPS ditambah 2 persen. Artinya jika menghitung sebanyak DPT dari 1.544 TPS ditambah 2 persen pemilih atau dengan total 374.169, surat suara masih kekurangan 696 surat suara.

“Jika dihitung dengan tambahan dua persen per TPS masih kurang sekitar 696 surat suara. Tapi masih proses akan segera dilengkapi,” sebutnya.

Untuk selanjutnya, kata dia, tinggal menunggu intruksi dari KPU Pusat untuk pelaksanaan pelipatan dan sortir surat suara yang rusak. Dan saat ini sedang emnyiapkan tenaga untuk pelipatan suara, paling tidak akan melibatkan 50 orang tenaga dengan target penyelesaian pelipatan sekita dua pekan.

Baca Juga:  Paslon No 1 Jaya-Wira,Pompa Semangat Kader Banteng di Kediri

“Jumlah tenaga yang melakukan pelipatan akan bertahap, kita akan lihat situasi. Jika dengan 20-25 orang mengerjakan itu cukup akan dilanjutkan, jika kekurangan baru akan ditambah. Kemungkinan akan melibatkan 50 orang,” jelasnya.