SMK Penerbangan Cakra Nusantara, Siap Hasilkan Out Put Berkualitas

29

TABANAN – Pantaubali.com – Dalam upaya menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja maka, sangat penting menentukan tempat menimba ilmu yang tepat.

Jika dilihat Akreditasi sekolah atau madrasah adalah, proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan dalam bentuk yang diterbitkan oleh suatu lembaga mandiri dan profesional. Akreditasi tersebut memiliki tujuan, fungsi dan manfaat yang positif terhadap peningkatan mutu pada satuan pendidikan.

SMK Penerbangan Cakra Nusantara sudah terakreditasi A Keputusan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Nomor 761/BANP-SM/LL/XII/2018 dan sudah ditetapkan sebagai SMK Pusat keunggulan sesuai SK Dirjen Vokasi NO.22/D/O/2021, dengan demikian penting bagi orang tua wali dan Taruna-taruninya apa manfaat bersekolah di sekolah dengan akreditasi A.

Adapun beberapa manfaatnya mulai dari, Kuota alumni ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri untuk sekolah berakreditasi A adalah 40 %, sebagai contoh bagi calon alumni sekolah yang berakreditasi A yang ingin daftar melalui jalur SNMPTN ke Perguruan Tinggi Negeri, akreditasi sekolah asal berpengaruh dalam penentuan jumlah kuota siswa yang boleh ikut mendaftar SNMPTN. Misal dari jumlah keseluruhan 100 siswa, maka yang bisa ikut SNMPTN adalah 40 siswa, kalau untuk akreditasi B sebanyak 20 % dan untuk akreditasi C sebanyak 5%.

Bila seorang anak sekolah di sekolah terakreditasi, maka ia akan banyak diuntungkan,berarti ada standar dari sekolah tersebut dalam kegiatan belajar-mengajar yang telah terpenuhi. Misalnya, ketika ujian, seorang anak yang sekolahnya belum atau tidak terakreditas maka perlu menumpang ke sekolah lain yang telah terakreditasi

Bagi masyarakat dan khususnya orang tua peserta didik, hasil akreditasi diharapkan menjadi informasi yang akurat tentang layanan pendidikan yang diberikan oleh setiap sekolah/madrasah, sehingga secara sadar dan bertanggung jawab masyarakat dan khususnya orangtua dapat membuat keputusan dan pilihan yang tepat terkait pendidikan anaknya sesuai kebutuhan dan kemampuannya.

Baca Juga:  Peringati HLUN, Sekda Dewa Indra Ajak Bangun Kesehatan dan Kesejahteraan Lansia Yang Berkualitas

Selanjutnya, bagi peserta didik, hasil akreditasi mampu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa mereka memperoleh pendidikan yang bermutu, dan sertifikat akreditasi merupakan bukti bahwa mereka mengikuti pendidikan di sekolah/madrasah yang bermutu, dan akreditai merupakan Informasi yang akurat untuk menyatakan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh setiap sekolah.

Jadi mari bagi adik adik lulusan SMP tidak usah ragu lagi untuk bersekolah di SMK Penerbangan Cakra Nusantara, terbukti dan faktanya terbukti tahun 2019 meraih Peringkat 2 SMK swasta Terbaik se Kota Denpasar, tahun pelajaran 2018/2019 SMK Penerbangan Cakra Nusantara menduduki peringkat ke 4 terbaik SMK dengan 97% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali, yang meningkat dari tahun sebelumnya yakni peringkat ke 6 SMK dengan 84% Nilai UNBK diatas Rerata Provinsi Bali.

Upaya dilakukan untuk mengurangi pengangguran di Indonesia dan memberi kesempatan seluas luasnya supaya remaja mempunyai jalan sukses nya dan tidak putus sekolah.Sembari Dirinya menambahkan, penerimaan Siswa Baru 2021/2022 dapat menghubungi nomor pendaftaran 03614742600 atau 081237098090 website www.ppdbsmkpenerbangan.com.