Resmikan Gedung Marhaen, Bupati Tabanan Berharap Mampu Cetak SDM Unggul Sesuai Ajaran Tri Sakti Bung Karno

0

TABANAN – Pantaubali.com – Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, meyakini, bahwa perkembangan perguruan tinggi memerlukan penataan kelembagaan yang mampu mengantisipasi dinamika tantangan daya saing kedepan. Keberhasilan menghadapi tantangan harus dilandasi oleh adanya keunggulan yang kompetitif dan kinerja perguruan tinggi dengan peningkatan SDM dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

Untuk itu, Bupati Sanjaya sangat mensyukuri dan sangat mengapresiasi kehadiran Yayasan Mahendradatta dengan Fakultas Mahendradatta yang akan menyelenggarakan pendidikan dari jenjang strata 1 dan strata 2. Hal itu diungkapkan orang nomor satu di Tabanan itu saat menghadiri peresmian Gedung Marhaen Tabanan yang bertempat di The Mahendradatta Institute, Jl. Patimura No. 4 Tabanan, Senin, (4/7).

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Bali, perwakilan DPRD Tabanan, jajaran Forkopimda Tabanan, Ketua Umum Yayasan Universitas Mahendradatta, Ketua Umum Yayasan Kepustakaan Bung Karno, Rektor Universitas Mahendradatta, Sekda, Asisten I, II, III, serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan.

Dengan adanya Gedung Marhaen yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan sosial pendidikan melalui pemberian beasiswa S1 dan S2 pada generasi muda di Tabanan ini diharapkan mampu mewujudkan SDM yang semakin berkualitas di Kabupaten Tabanan. Disamping itu, diharapkan juga kedepannya mampu menjadi tempat sebagai ajang mensosialisasikan ajaran-ajaran dari Bapak Proklamator Bung Karno.

“Patut kita berbangga dan bersyukur kepada Bung Karno, bahwa beliau selalu memberikan kita sampai saat ini tonggak sejarah ideologi dengan ajaran beliau yang popular adalah Tri Sakti Bung Karno. Bahkan, ajaran beliau sudah dicantumkan dalam kurikulum di Universitas Mahendradatta. Ini yang patut kita jadikan patokan dalam melangkah melaksanakan program apapun harus mencerminkan ajaran Tri Sakti Bung Karno. Kita di Pemkab Tabanan juga meletakan fondasi itu dalam visi misi kami,” ujar Bupati Sanjaya.

Baca Juga:  Wagub Bali : “Pembangunan Desa Wisata Harus Dibarengi dengan Pembangunan SDM Masyarakat Desanya”

Sanjaya berharap, kedepannya agar ajaran-ajaran ideologi-ideologi Bung Karno yang salah satunya Tri Sakti, yakni Berdaulat di Bidang Politik, Berdikari di Bidang Ekonomi dan Berkepribadian dalam budaya, benar-benar terwujud di Kabupaten Tabanan dengan adanya Gedung Marhaen ini. Hal ini juga tentu sangat sejalan dengan visi Pemkab Tabanan, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

“Saya yakin, membangun sebuah tempat tidak mungkin tidak memiliki makna dan tujuan. Saya yakin. Mudah-mudahan dengan terbangunnya gedung Marhaen ini, spirit juang generasi muda Tabanan dalam rangka memerdekakan kita dari kemisikinan dan kebodohan semakin tertantang. Semoga gedung ini bisa dimanfaatkan bersama oleh generasi muda sebagai ajang edukasi, sosialisasi dan lainnya guna meningkatnya pendidikan di Kabupaten Tabanan,” imbuh Sanjaya.

Sementara, Rektor Universitas Mahendradatta Dr. Ni Ketut Wiratny, SH, MH, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Bupati Sanjaya beserta jajaran yang sekaligus berkenan membuka secara resmi Gedung Marhaen. Pihaknya merasa sangat bangga, apalagi pembangunan gedung ini ditujukan untuk melaksanakan kegiatan sosial pendidikan melalui pemberian beasiswa S1 dan S2 kepada generasi muda Tabanan.

Pihaknya juga mengatakan, Universitas Mahendradata telah banyak berkontribusi dalam bidang pendidikan khususnya di Bali. Yang mana Mahendradatta saat ini telah memiliki 4 Fakultas, diantaranya telah ada magister hukum dan magister administrasi publik, serta saat ini juga sedang mengajukan lagi magister yakni magister manajemen. Pihaknya berharap dapat meningkatkan kualitas SDM khususnya di Kabupaten Tabanan.(Rilis)