Rayakan Galungan, Ketua MDA Tabanan Himbau Krama Tetap Terapkan Prokes Dengan Disiplin

10

TABANAN – Pantaubali.com – Menyambut perayaan Hari Raya Galungan besok,(Rabu,(14/4) di tengah Pandemi tentu Protokol Kesehatan (Prokes) tetap dilakukan dengan disiplin mulai dari di lingkungan rumah maupun di dalam pelaksanaan prosesi persembahyangan, itu disampaikan, Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Tabanan I Wayan Tontra,belum lama ini di Sangulan,Tabanan.

“Melihat kondisi pandemi belum menunjukan tanda-tanda akan berakhir meskipun masuk di hari Raya Galungan di tahun ini, tentu sebagai Majelis Desa Adat Kabupaten Tabanan dan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Tabanan sangat mengharapkan agar krama desa adat dalam pelaksanaan persembahyangan di Hari Raya Galungan tetap memperhatikan dan menerapakan prokes dengan baik dan disiplin,” bebernya.

Secara umum terkait penerapan tatacara dan prokes tersebut telah diketahui oleh krama di desa adat mulai dari, mencuci tangan hinga tetap menghidari atau jangan sampai membuat kerumunan (keramaian).

“Misal, mencuci tangan saat akan masuk bersembahyang ke pura, tetap dan selalu memakai masker, jaga jarak dan juga sebisa mungkin hindari berkumpul bagaimanapun caranya,” jelasnya.

Jika dilihat di masing-masing Desa Adat di Kabupaten Tabanan secara umum juga telah memiliki Perarem terkait penerapan Prokes tersebut.

“Dalam hal ini, saya sangat memohon kepada Bendesa Adat masing-masing di wewidangan Desa Adatnya agar dapat mensosialisasikan hal tersebut dengan baik dan benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik oleh krama Desa Adat juga,” katanya.

Sembari Dirinya menambahkan, hal tersebut dilakukan dalam upaya agar krama desa adat atau masyarakat terhindar dari ancaman Virus Covid-19 tersebut.

Baca Juga:  Jalan Gelap, Mobil Box Bermuatan Daging Beku Terguling