Ratusan Atlet Pencak Silat Tabanan ” Akan Ikuti IPSI CUP III Di Gor Debes Tabanan “

1
Pengurus IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia ) Kabupaten Tabanan

TABANAN – Pantaubali.com – Dalam rangka memperebutkan Piala Bergilir Bupati Tabanan, yang juga merupakan program tahun IPSI Kabupaten Tabanan,Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Tabanan, akan menggelar kejuaraan pencak silat CUP III antar pelajar tingkat SD, SMP, SMA Tahun 2019.

Kejuaraan ini rencananya akan berlangsung di GOR Debes,Tabanan mulai (13-16/2/2019) mendatang.

Ketua IPSI Tabanan I Putu Eka Putra Nurcahyadi mengungkapkan, kejuaraan ini merupakan program kerja tahunan yang secara reguler dilakukan pihaknya dan penyelenggaraan kali ini merupakan yang ketiga kalinya.

Dengan pola IPSI Cup ini,maka semua pesilat terbaik dari tingkat SD,SMP dan SMA/SMAK dari se Kabupaten Tabanan dapat bertarung untuk menjadi yang terbaik. Karena Tabanan menjadi potensi perguruan pencak silat yang cukup banyak dan luar biasa. Sehingga tantangan prestasi Tabanan yang harus selalu diperbaiki dan kami bisa melihat salah satunya,dalam Porsenijar ini ,mengingat Porsenijar Bali nanti yang menjadi target utama kami,”ungkapnya.

Sikap ini salah satunya akan menjadi bagian dari pada seleksi nanti untuk menjadikan atlet-atlet yang terbaik,yang akan mewakili Tabanan untuk Bali, dan selain itu kita ingin memberikan sebuah ruang yang lebih luas kepada semua pesilat pelajar.

Khususnya di Tabanan konsep seleksi yang kita laksanakan dalam konsep yang terbuka, baik di antar Tingkat SD Kecamatan yang sudah diseleksi dengan ketat di masing-masing kecamatannya dan juga di tingkat SMP yang langsung nantinya mereka akan bertanding di tingkat Kabupaten.

IPSI Cup III ini akan diikuti 460 pesilat dari seluruh kecamatan baik tinggkat SD. SMP maupun SMA. Tingkat SD akan diikuti 67 pesilat dari 9 Kecamatan kecuali Kecamatan Selemadeg Barat untuk memperebutkan piala IPSI Tabanan, untuk katagori SD akan mempertandingkan 10 kelas Putra-Putri mewakili masing-masing Kecamatan.
Untuk katagori SMP akan diikuti 29 Sekolah SMP di 18 kelas putri-putri.

Baca Juga:  Ny. Rai Wahyuni Sanjaya dan Ny. Putri Koster, Pompa Semangat Petani Melalui Panen Sayur di Batusesa

Jumlah atlet yang akan terlibat sebanyak 248 pesilat yang akan memperebutkan Piala KONI.
Sementara di katagori SMA/SMK akan diikutui 20 sekolah mempertandingkan 17 kelas Putra-putri diikuti 145 pesilat. “Untuk katagori SMA akan memperebutkan Piala bergilri Bupati Tabanan,” sebutnya.

Melalui kejuaraan ini, kita berupaya mencari bibit atlet terbaik yang nantinya akan dipersiapkan menghadapi berbagai even. “Harapan kedepan dengan adanya kejuaraan pencak silat ini mencari bibit-bibit baru, terutama dari anak-anak usia dini dimulai dari jenjang SD untuk dipersiapkan dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang,”ucapnya.

Kegiatan yang dihelat setiap tahun ini dapat membentuk serta menjunjung tinggi jiwa sportifitas bagi para generasi muda serta menanamkan semangat cinta tanah air.