PPKM Darurat TAB Tabanan, Sasar Sistem Pembayaran Rekening Secara Online

3

TABANAN – Pantaubali.com -Di tengah pelaksanaan PPKM Darurat, Perumda Tirta Amertha Buana (TAB) Kabupaten Tabanan sasar sistem pembayaran rekening secara online.Pembayaran tersebut akhirnya berdampak pada tingkat tunggakan pembayaran tak signifikan terjadi di tengah dampak pandemi tersebut.

Dalam PPKM darurat masyarakat diimbau agar mengurangi mobilitas guna mencegah penyebaran Covid-19. Bercermin dari hal tersebut pelanggan yang ingin melakukan pembayaran rekening air minum juga tidak perlu datang langsung ke Kantor Pusat Perumda TAB dan Kantor Unit.

Pembayaran tersebut dapat dilakukan di agen-agen telah bekerjasama dengan Perumda TAB serta Bank BPD seluruh Bali, baik secara langsung melalui teller, ATM, atau Mobile Banking, itu disampaikan, Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Tabanan, I.B. Marjaya Wirata, didampingi Kasubag Humas Perumda TAB, Agus Suanjaya, Rabu (21/7).

“Saat ini bagi pelanggan yang tidak memiliki rekening BPD Bali juga bisa melakukan pembayaran dengan transfer antar bank. Tinggal memilih menu transfer antar bank, kemudian memilih bank tujuan Bank BPD Bali, selanjutnya mengetik kode 5043 + No. SBG (nomor sambungan),” katanya.

Sistem pembayaran tersebut setidaknya dapat mengurangi kerumunan di tengah situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini.Kemudahan cara bayar tersebut membuat di tengah pandemi Covid-19 juga berdampak pada ekonomi pelanggan, tidak sampai berdampak signifikan pada terjadinya penunggakan bayar, apalagi sampai melakukan pencabutan sambungan karena tidak terbayarkan oleh pelanggan.

Dalam memberi pelayanan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat dengan tetap menerapkan Prokes dengan ketat dan displin.

“Area kantor juga rutin disemprotkan desinfektan.Ini tidak hanya berlaku di kantor pusat saja, namun juga di unit-unit pelayanan yang ada di Kerambitan, Selemadeg, Penebel dan Baturiti,” bebernya.

Selanjutnya, per Juni 2021 Perumda TAB telah mengantongi total 59.903 SR. Capaian tersebut salah satunya disumbang pada tahun ini, dimana hingga Juni 2021 lalu sudah mencapai 549 SR sedangkan tahun ini untuk target sambungan baru dipatok mencapai 1.300 SR.

Baca Juga:  Sekda Dewa Indra Apresiasi Bali Dipilih Jadi Pilot Project Making Cities Resilience 2030

“Kendatipun masih dalam masa pandemi, kami optimis target tersebut akan tercapai hingga akhir tahun 2021 nanti,” pungkasnya.