Pemkab Tabanan Apresiasi Dukungan Pemprov Bali dalam Peringatan ke-76 Puputan Margarana

0

TABANAN – Pantaubali.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan yang diwakili Wakil Bupati, I Made Edi Wirawan, SE, didampingi Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, menghadiri sekaligus mengikuti pelaksanaan Upacara Peringatan ke-76 Puputan Margarana, yang dilangsungkan di Taman Pujaan Bangsa (TPB) Margarana, Kemarin (Minggu, (20/11).

Peringatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun ini, tepatnya pada 20 Nopember, dipimpin langsung Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace. Turut juga dihadiri pimpinan DPRD Bali, jajaran Forkopimda Bali juga Tabanan, para Veteran dan keluarga pejuang, para Siswa dan komponen masyarakat lainnya.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa sejarah bangsa Indonesia mencatat, bahwa Puputan Margarana merupakan peristiwa heroik dari pasukan Ciung Wanara bersama rakyat yang dipimpin oleh Letkol. I Gusti Ngurah Rai. Untuk menjaga kemerdekaan dan kedaulatan bangsa dari penjajah yang ingin menguasai kembali daerah kedaulatan kita sampai tetes darah penghabisan.

Disamping itu, peringatan ini juga dikatakan Wagub Cok Ace bukan hanya sebagai ucapan rasa syukur, tetapi juga sebagai eksistensi sebagai jati diri bangsa bermartabat yang dilahirkan oleh para pejuang. Perjuangan dan pengorbanan tanpa pamrih para pejuang ini, dikatakannya patut dijadikan contoh dan tauladan oleh semua komponen masyarakat pada era sekarang ini.

Sejalan dengan itu, maka sangat tepat tema yang diangkat dalam peringatan kali ini adalah Mengimplementasikan Nilai Nilai Puputan Margarana menuju Bali Unggul. Hal itu dikatakan dapat diwujudkan melalui kebersamaan seluruh komponen masyarakat mewujudkan kesejahteraan sosial dalam kontek budaya Bali yang adi luhung, melalui konsep Tri Hita Karana dan konsep Menyama Braya.

Dimana nilai-nila tersebut sangat sejalan dengan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar Negara dan falsafah NKRI.

Baca Juga:  Pastikan Rekonstruksi Berjalan Lancar, Bupati Sanjaya Tinjau Pemasangan Bagan Utama Patung Wisnu Murti

“Melalui momentum ini, saya mengajak seluruh masyarakat Bali untuk terus memupuk dan meningkatkan rasa solidaritas, dijiwai dengan semangat Puputan Margarana untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Bali dengan visi misi dan program Gubernur Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru,” imbuh Cok Ace.

Dikesempatan itu, tepatnya usai upacara peringatan ke-76 Puputan Margarana, Wagub Cok Ace, didampingi Wabup Edi beserta undangan lainnya melakukan ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan. Diawali dengan persembahyangan dan tabur bunga di monumen TPB Margarana, dilanjutkan tabur bunga pada makam Letkol. I Gusti Ngurah Rai, Kapten Debes dan makan pejuang lainnya.(Rls)