Pelihara Profesionalisme Prajurit, Dandim 1619/Tabanan Pimpin Latihan Menembak

7

TABANAN – Pantaubali.com -Menegakan Jati diri prajurit yang diamanatkan dalam pasal 2 UU TNI no 34 tahun 2004 dimana disebutkan bahwa Jati diri TNI adalah tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional untuk itu Kodim 1619/Tabanan sebagai garda terdepan NKRI di wilayah Kabupaten Tabanan senantiasa memelihara kemampuan prajuritnya, salah satunya dengan memelihara kemampuan perorangan agar tetap profesional didalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai prajuit TNI.

Kegiatan pembinaan latihan yang telah di programkan oleh Satuan Komando atas secara rutin terus digelar diantaranya adalah dengan melaksanakan latihan menembak senjata ringan yang dilaksanakan setiap triwulan dengan melaksanakan menembak senapan dan pistol sesuai dengan indek perorangan masing-masing.

Latihan menembak triwulan II TA. 2022 dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 1619/Tabanan Letkol inf Ferry Adianto S.I.P didampingi Kasdim Mayor inf Dewa Putu Oka dan Perwira Staf Kodim 1619/Tabanan serta para Danramil jajaran Kodim 1619/Tabanan dilaksanakan di Lapangan Tembak Rindam IX/Udayana banjar koripan kaja desa abiyantuwung Kecamatan kediri, Senin (30/5).

Adapun selaku Komandan latihan (Danlat) Pasiops Kodim 1619/Tabanan kapten Kav Haryanto menyampaikan seijin Komandan Kodim bahwa, kegiatan latihan menembak ini diikuti oleh seluruh personel militer Kodim 1619/Tabanan yang tidak berdinas khusus dengan melaksanakan menembak koreksi untuk mendapatkan hasil menembak yang lebih baik dan hasil latihan secara optimal sesuai dengan yang diharapkan, kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan menembak penilaian dengan jarak 100 meter, dengan masing-masing sikap yang dilatihkan kepada para peserta (petembak) yaitu sikap tiarap, duduk/jongkok dan berdiri, sedangkan menembak pistol dengan jarak 15 meter dengan sikap berdiri 2 tangan.

“Kegiatan latihan menembak yang kita gelar ini tetap mengutamakan faktor keamanan dengan koordinator materi menembak senapan Danramil 1619-03/Pupuan Kapten Chb M. Ilham dan Koormat menembak pistol Danramil 1619-04/Kediri Kapten Inf Putu Sumarnia dengan melibatkan petugas kesehatan dari Denkesyah Singaraja dan untuk keamanan peralatan yang digunakan didampingi oleh personel tekhnisi dari Paldam IX/Udayana serta pengamanan kegiatan yang dipimpin Pasi Intel Kapten Inf I Ketut Suparta”, paparnya.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Dukung Giat Pembangunan Di Sektor Olahraga dan Seni Budaya

Sementara itu Dandim Letkol Inf Ferry Adianto S.I.P mengungkapkan bahwa, kegiatan dilaksanakan secara rutin tigabulanan ini adalah bertujuan untuk memelihara kemampuan perorangan prajurit sebagai prajurit profesional sehingga diaharapkan setiap prajurit wajib mampu dan mahir menembak dengan senjata ringan yang merupakan indek perorangan setiap prajuirit untuk mendukung kesipan operasional bila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh Negara.

“Kesiapan sebagai seorang prajurit dapat dilihat dari kemampuan perorangan yang dimilikinya dan salah satunya adalah menembak ini.Untuk memelihara kemampuan prajurit tersebut maka dilaksanakanlah program latihan sebagai pembinaan untuk memelihara kemampua prajurit dibidang menembak sebagai bentuk profesionalisme prajurit”, katanya.

Kesiapan prajurit harus terus dipelihara dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI sesuai amanat UU TNI no 34 tahun 2004 yaitu Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara,mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dalam latihan menembak kali ini juga diberikan bonus kepada nilai tertinggi untuk meningkatkan semangat dan memotivasi personel agar selalu berlatih untuk meningkatkan kemampuan menembaknya.(Rilis)