Pelaku IKM Sebut,Produk Lokal Mampu Tembus Pasar Mancanegara di Tengah Pandemi

44

GIANYAR – Pantaubali.com – Meskipun di tengah Pandemi produk lokal produksi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dinilai berpeluang tembus pasar luar negeri.Hal tersebut disebabkan, oleh beberapa hal mulai dari,produk IKM di Bali khususnya memang memiliki keunikan,alami serta memiliki nilai lebih.

Menurut saya,masih sangat besar peluang pasar di luar negeri meskipun dalam kondisi seperti ini,” jelas salah satu pelaku IKM di Gianyar, pemilik usaha Rays Bali Oil,Sang Made Rai Suyasa, belum lama ini di Gianyar.

Dalam kondisi saat ini Dirinya berharap, Pemerintah bisa tetap turut serta membantu terutama dalam hal pemasaran agar produk dapat lebih masif terserap pasar.

“Regulasi,legalitas terbentur biaya, jika bisa diberi kemudahan terkait perizinan khususnya izin edar.Jika dilihat saat ini,pelaku IKM masih dibawah para pengusahan besar,” ujarnya.

Jika bisa Pemerintah dapat sesering mungkin memberi informasi terkait kondisi perekonomian maupun yang berkaitan dengan pemasaran global.

“Informasi penting,agar kami bisa mengetahui kondisi pasar yang berkembang saat ini maupun yang akan datang seperti apa.Setidaknya kita (pelaku IKM) dapat melakukan langkah tepat dalam menyasar pasar serta melakukan produksi,” ucapnya.

Dirinya berharap,agar pandemi bisa cepat berlalu dan perekonomian dapat berjalan seperti sediakala.

Baca Juga:  BPR Sewu Bali Beraset Rp17 milyar,Dilikuidasi