Pasca Dokter Terpapar Covid-19 di Selemadeg, Tracing Dilakukan

5

TABANAN – Pantaubali.com – Pasca adanya Dokter di UPTD Puskesmas Selemadeg, Kecamatan Selemadeg, Tabanan diduga terpapar Covid-19 beberapa hari lalu.Menurut,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika saat dikonfirmasi,Minggu,(11/4) menyampaikan, tracing telah di lakukan oleh petugas atau satgas tempat tinggal atau domisili masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kami di puskesmas juga telah melaksanakan tracing untuk mencari kontak erat dari beliau untuk di tindak lanjuti sebagaimana mestinya,”jelasnya.

Adanya hal tersebut terkait pelayanan di Puskesmas tidak di hentikan akan tetapi, dialihkan sementara ke UGD.

“Pengalihan sementara pelayanan poli ke UGD untuk menunggu proses sterilisasi ruangan dahulu,” ujarnya.

Adanya paramedis terpapar Covid-19 tersebut menurut Dirinya, bisa saja penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) tidak dilakukan dengan baik dan disiplin.

“Jika ada masyarakat atau paramedis terpapar Covid-19 bisa di katakan belum menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin baik di lingkungan kerja, masyarakat bahkan di lingkungan keluarga.Karena, bisa jadi penularan dapat terjadi di lingkungan keluarga sendiri,” paparnya.

Selama kasus terkonfirmasi covid masih ada, sosialisasi dan edukasi harus tetap di laksanakan untuk selalu mengingatkan kembali pentingnya menjalankan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin untuk mencegah penularan dan penyebarluasan Covid-19 di masyarakat.

“Dalam kondisi saat ini tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin serta melaksanakan pelayanan sesuai SOP penting tetap diperhatikan dan dilaksanakan,” harapnya.

 

Baca Juga:  Perhari Ini, Tercatat Terkonfirmasi Covid-19 Tercatat 97 orang di Bali